Ketua DPRD Tanggamus Belum Terima Laporan Warga Soal PT.TI

0
549
Ist, Perkebunan Kakao dan Karet/Asp Red Lampungsai.com

Tanggamus, Lampungsai.com – Dugaan atas tidak adanya izin operasi PT. Tanggamus Indah (TI) dalam hal Izin Usaha Perkebunan (IUP-B) selama 26 tahun, sebagaimana diatur dalam  Permentan No98/2013 dan UU perkebunan  No 39/2014. DPRD Kabupaten setempat, nyatakan belum mengetahui hal tersebut. Terlebih adanya laporan warga masyarakat terkait hal tersebut kepada DPRD, belum menerima laporan dalam bentuk apapun.

“Mengenai PT.TI yang diduga belum ada izin, dan dilaporkan warga kepada DPRD, sampai saat ini belum menerima surat laporan warga Kota Agung Timur,”

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, saat di Aula Gedung DPRD Tanggamus./Budi WM

Demikian pernyataan Ketua DPRD Kabupaten setempat, Heri Agus Setiawan, Senin 17 Juli 2017.

Heri mengatakan, kalaupun ada laporan warga itu, sudah tentu akan sampai pada meja kerja, dan juga saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan dan padat kegiatan. Maka, wajar informasi ini barudi ketahui, dan langkahnya akan di cek keberadaan surat laporan tersebut.

“Jika memang ada, akan kita pelajari terlebih dahulu dan barulah memanggil pihak Dinas terkait bersama komisi dilakukan hearing,”ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi II DPRD setempat Tedy Kurniawan, saat di konfirmasikan melalui pesan messenger pada 4 Juli 2017 lalu, meminta surat resmi pengaduang terkait PT.TI, langsung di tujukan ke komisi II.

“Saudaraku, saya minta surat resmi pengaduan tentang PT.TI, langsung ke Komisi II, titipkan melalui pendamping Komisi II,”pinta Tedi.

Menyoal PT.Tanggamus Indah yang tak kantongi izin IUP-B selama 26 tahun, tak kunjung ada tindakan tegas dari pihak Pemerintah Tanggamus. Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Pendidikan dan Pembangunan (LSM-MP3), minta kepada DPRD Kabupaten setempat, untuk segera menindaklanjuti laporan yang telah masuk, selama 2 bulan lebih, sejak masuk surat laporan tanggal 27 April 2017.

“DPRD lembaga pengawas dan wakil dari rakyat dan bagian dari rakyat Tanggamus. Tentunya lebih peduli akan daerahnya, dengan persoalan PT.TI tak kantongi izin saja, tidak ada langkah upaya DPRD, seolah tak peduli akan Bumi Tanggamus,”

Demikian diungkapkan Ketua LSM-MP3, Arpan AR. Kepada lampungsai.com, Minggu 18 Juni 2017.(Budi WM)

Baca juga https://lampungsai.com/berita-lampung-terkini/tak-kunjung-ada-tindakan-soal-pt-ti-lsm-mp3-desak-dprd-tanggamus-ambil-sikap/

LEAVE A REPLY