Kerap Aktif Sosialisasi Dan Kampanye Putranya Ardito Wijaya Wali Kota Metro Diperiksa Bawaslu

0
546

Lampung Tengah, Lampungsai.com – Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah panggil Wali Kota Metro A.Pairin untuk diperiksa atas keterlibatannya dalam kampanye pemenangan putranya Ardito Wijaya sebagai Con Wakil Bupati Lampung Tengah berpasangan dengan Musa Ahmad dari partai Golkar.

Pemanggilan A.Pairin atas dugaan pelanggaran PKPU No.13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU No.06 tahun 2020 tepatnya Pasal 63, Pasal 70, 71. Senin, 19 Oktober 2020.

Selain Wali Kota Metro A.Pairin, Bawaslu juga memeriksa lebih kurang 10 orang Kepala Kampung yang turut serta aktif dalam kampanye Ardito Wijaya di beberapa wilayah Kecamatan yang ada di Lampung Tengah.

Termasuk di Wilayah Timur Kecamatan Rumbia dan sekitarnya, yang di wacanakan akan ada pertemuan di wilayah Kota Metro, dengan melibatkan 1 Kepala Kampung, membawa 30 orang/warga.

Proses pemeriksaan masih terus dilakukan, sampai saat ini belum ada keterangan resmi hasil pemeriksaan dari pihak Bawaslu setempat.

Dikesempatan terpisah, Koordinator Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Lampung, Abdul Razak, mengapresiasi tindakkan yang diambil pihak Bawaslu Lampung Tengah dengan segera memanggil dan memeriksa Wali Kota Metro, A.Pairin dan beberapa orang Kepala Kampung Kecamatan Rumbia, terkait dugaan pelanggaran Pilkada.

Bawaslu harus bekerja secara propesional dan lndependent, agar pelaksanaan Pilkada Khususnya di Kabupatdn Lamteng, dapat berjalan sesuai aturan dan UU yang berlaku.

“Kita tunggu saja, apa hasil dari klarifikasi pihak Bawaslu terhadap Wali Kota Metro dan beberapa Kakam yang diperiksa,”ujarnya.

Diharap juga, “Bawaslu Lampung Tengah dapat benar-benar profesional tidak sekedar formalitas belaka. Demikian juga dengan pihak Gakkumdu memproses tindak Pidana Pemilu yang diduga melibatkan Kepala Kampung dan ASN Kampanye Paslon Nomor urut 2 Musa -Dito, sesuai peraturan yang berlaku,”ungkapnya.

Sebelumnya, AMPD) Provinsi Lampung, melaporkan Wali Kota Metro A. Pairin dan 10 Aparatur Kampung ke Bawaslu Lampung Tengah, pada Senin, 12 Oktober 2020 lalu. A.Pairin kerap aktif sosialisasi dan kampanye pemenangan Calon Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya.

Menanggapi itu, Bidang Pengawasan Bawaslu Lampung Tengah, Edwin Nur mengatakan bahwa, sebelumnya Bawaslu juga telah mendapat informasi terkait hal itu dan telah menurunkan tim pengawas guna menindaklanjuti mencari informasi kebenarannya.

“Sebelum AMPD hadir ke sini, tadi malam kita telah mendapat informasi terkait itu, dan kita telah menurunkan tim pengawasan ke sana,”kata Edwin.

Pihaknya, tetap merespon semua laporan dan temuan terkait adanya pelanggaran di Pilkada Lampung Tengah 2020. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar jelang Pilkada situasi dapat berjalan dengan Kondusif.

“Saat ini, pihaknya telah menemukan dua pelanggaran pilkada lampung tengah dan sedang dalam proses,”ungkap Edwin Nur. (*)

LEAVE A REPLY