Kelurahan Sumbersari Metro Selatan Miliki TPS-3R

0
444

Metro, Lampungsai.com – Tempat Pengelolaan Sampah (TPS- 3R) Kelurahan Sumbersari Kecamatan Metro Selatan, diresmikan.Peresmian TPS-3R langsung oleh Walikota Metro A.Pairin, ditandai dengan pengguntingan pita, Selasa 05 Desember 2017.

Dalam kesempatan itu, A.Pairin mengatakan, TPS-3R merupakan konsep penanganan sampah dengan cara  mengurangi (Reduce), menggunakan kembali (Reuse) dan daur ulang (Recycle) sampah, mulai dari sumbernya.

Pembangunan TPS-3R bersumber dari kucuran dana APBN dan juga  merupakan program yang pertama Kota Metro. Berharap, dengan adanya TPS-3R di Sumbersari, dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menangani persoalan sampah, khususnya di Kelurahan Sumbersari.

Masih menurut Pairin, pengelolaan sampah dengan TPS-3R, nantinya sampah tidak lagi menjadi masalah di Kota Metro. Karena dengan pola TPS-3R akan memanfaatan sampah organik menjadikan pupuk kompos.

Kedepannya, kondisi sederhana seperti ini, tidak menutup kemungkinan Pemerintah Kota Metro akan melakukan reflikasi di tempat-tempat lain menggunakan dana APBD.

“Dengan begitu, permasalahan sampah di TPA, salah satunya tentang penumpukan sampah dapat teratasi,”katanya. (Abduh)

LEAVE A REPLY