Kejari Dan AJOI DPC Tanggamus Bangun Sinergitas Guna Penyajian Informasi Positif

0
122
Jajaran pengurus AJOI DPC Tanggamus bersama Kejari dan Kasi intel saat kunjungan di Sekretariat AJOI setempat./Tim

Tanggamus, Lampungsai.com – Bangun sinergitas antara jurnalis, khususnya media dan jurnalistik yang tergabung dalam organisasi Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) DPC Kabupaten Tanggamus dengan pihak Kejaksaan Negeri setempat, sangat penting. Diawali dengan membangun komunikasi antar lembaga organisasi dengan baik, sesuai fungsi dan porsi masing-masing.

Ketua AJOI DPC Tanggamus, Budi Widayat M, bersama Kajari David P Duarsa dan Kasi Intel./Tim

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Kejari Tanggamus, David P.Duarsa saat bersilaturahmi dengan jajaran pengurus AJOI DPC Tanggamus di sekretariatan AJOI setempat. Rabu, 08 Mei 2019.

Kajari David P. Duarsa pada kesempatan itu didamping Kasi Intel, Ridho Z. Rama dan para Jaksa Fungsional, menjelaskan, kunjungan ini, selain menjalin silaturahmi, juga untuk menjalin sinergitas dengan mitra Kejaksaan yaitu AJOI Tanggamus.

Hal ini sangat penting, sebab dengan adanya informasi yang dimuat di media massa, online khususnya, kami mendapat informasi yang belum kami dapatkan, terutama terkait informasi dalam hal penanganan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kabupaten Tanggamus ini.

“Berharap organisasi AJOI Kabupaten Tanggamus dapat lebih bersinergi dengan Kejaksaan serta dapat mendukung kinerja Kejari Tanggamus dalam menyampaikan informasi kepada publik, khususnya masyarakat Tanggamus,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua AJOI DPC Tanggamus, Budi Widayat Marsudi didampingi sekretaris dan jajaran anggota mengapresiasi dan merespon positif atas kunjungan Kepala Kejaksaan Negeri Tanggamus beserta jajarannya.

Pada dasarnya atas nama organisasi dan sesuai poksi media dan jurnalis, siap bersenergi dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik dengan mengedepankan kaedah kejurnalistikan dalam UU Pokok Pers dan KEJ.

Tentunya,  dengan adanya kemitraan tersebut, maka dalam menyampaikan informasi ke publik, rekan-rekan anggota AJOI Tanggamus tentunya akan berkoordinasi guna pemberitaan yang disajikan berimbang sesuai dengan data dan fakta.

“Harapan kami, khusus pemberitaan yang di publikasin oleh rekan-rekan wartawan yang tergabung di AJOI Tanggamus bisa menjadi formula atau petunjuk  awal untuk dilakukan tindakan selanjutnya oleh pihak Kejaksaan Negeri Tangggamus,”ungkapnya.

Budi memaparkan, perlu dipertegas bahwa, sangat pentingnya informasi. Karena informasi adalah kekuasaan, semakin banyak orang yang memiliki informasi, pembagian kekuasaan semakin luas. Peluang masyarakat mendapat informasi adalah faktor dasar bagi sistem integritas sebuah daerah atau negara. Tanpa peluang itu, lembaga demokrasi kebanyakan, tidak akan dapat berjalan baik dan masyarakat tidak dapat menjalankan haknya.

Alat utama untuk menyuguh informasi pada masyarakat adalah media massa yang independen dan bebas.

Kebebasan Media sama pentingnya dengan peradilan yang independen, sebagai satu dari kekuasaan kembar yang tidak bertanggung jawab pada politisi. Keduanya memainkan peran sebagai kekuasaan tandingan melawan hal yang melanggar, termasuk soal korupsi dalam siklus kerja program pemerintah.

Tingkat kebebasan media adalah tingkat yang dapat dicapainya untuk melaksanakan fungsi pengawasan masyarakat yang efektif atas perilaku pejabat publik. Sama seperti legislatif yang harus mengawasi Eksekutif setiap hari. Media juga mengawasi dengan seksama legislatif dan eksekutif (serta pihak-pihak lainnya yang memangku jabatan yang bersentuhan dengan wilayah publik).

Media memiliki peranan khusus dalam memerangi hal yang melanggar termasuk memerangi korupsi.

“Maka sebagai kita sebagai praktisi media atau jurnalis, harus bijak menelaah dan menyajikan berita sesuai dengan ketentuan yang mengatur segala tindak tanduk pers, tetaplah berdiri sampaikan hal yang perlu di kritiki dengan mengedepankan kritik membangun,”pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Jajaran pengurus DPC AJOI Tanggamus melakukan kunjungan ke Kejari setempat dalam agenda silaturahmi membangun sinergitas.

Disela kunjungan, Kejari Tanggamus memberikan cinderamata berupa seragam Mitra AJOI dan Kejari.(Tim AJOI)

LEAVE A REPLY