Jalan Rusak Ampera Akan Gelar Aksi Boikot Armada Batubara Muatan Overload

0
656

Lampung Utara, Lampungsai.com – Lantaran aktifitas angkutan Batubara yang melintas di Jalan Umum Kabupaten Lampung Utara dengan bermuatan mencapai lebih dari 30 Ton, menyebabkan jalan rusak. Ampera akan menggelar aksi damai, boikot dan sweeping kendaraan perusahaan tambang batubara yang melintas pada Selasa, 05 Oktober 2021 mendatang.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi dari Aliansi Masyarakat Peduli Lampung Utara (Ampera), W. Aryadi mengatakan, AMPERA ini merupakan gabungan dari beberapa lembaga diantaranya LKPN, GMBI, JAMAN, APEDI dan LPI, akan menggelar aksi damai bentuk tuntutan masyarakat Lampura terhadap angkutan Batubara.

“Rusaknya jalan raya disepanjang jalan lintas Sumatera di Lampura seperti bergelombang dan berlubang karena dilalui kendaraan Batubara yang bermuatan over kapasitas. Maka, Selasa 05 Oktober 2021 mendatang, selama dua hari Ampera menggelar aksi damai dengan sweeping dan memaksa putar balik kendaraan tambang yang melintas,”tegasnya. Kamis, 30 September 2021.

Aryadi juga menyebutkan bahwa, titik aksi damai tersebut akan dilakukan di Tugu Ratu Perwira Negara (RPN)/Taruko untuk melakukan penghadangan Kendaraan. Kurang lebih 300 sampai 500 massa yang akan melakukan aksi tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, permasalahan Kendaraan Batubara yang melintas di Lampura dalam beberapa pekan terakhir menjadi Polemik ditengah masyarakat bahkan Polisi bubarkan aksi warga sweeping truk angkutan batu bara di jalan poros nasional lintas tengah Sumatera pada KM 123-124 Kecamatan Abung Pekurun, Lampura (18/09) lalu.

Kapolres Lampung Utara, AKBP Kurniawan Ismail yang memimpin lansung pembubaran aksi warga tersebut menyampaikan, apa yang dilakukan oleh warga ada tiga hal yang dilanggar, yakni, pertama tidak mengantongi ijin dari Polres Lampung Utara, khususnya dari Sat Intelkam. (Budi/*)

LEAVE A REPLY