Jalan Ethanol Tulang Bawang Berkubang, Warga Nyatakan Baru Akan Diperbaiki Jika Sudah Banyak Korban

0
116
Badan Jalan Ethanol Kabupaten Tulang Bawang Penuh dengan lubang./Ari

Tulang Bawang, Lampungsai.com – Jalan Ethanol, Kampung Tunggal Warga, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, merupakan salah satu lintas inti Kabupaten setempat, rusak parah. Hampir sepanjang jalan tersebut, banyak lubang menganga cukup lebar dan tergenang air, tak ubahnya “Kubangan Kerbau”.  Sabtu, 27 April 2019.

Badan Jalan Ethanol Kabupaten Tulang Bawang Penuh dengan lubang./Ari

Parahnya, kondisi ini dibiarkan, seolah pihak Pemkab tidak melihatnya. Sementara dalam UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, di pasal 273 menyebutkan adanya tindakan pembiaran terhadap jalan rusak atau berlubang, dapat dikenakan “SANKSI”, termasuk juga disebutkan dalam pasal terkait mengenai pidana denda dan kurungan penjara.

Artinya, Pemerintah setempat wajib dengan segera memperbaiki jalan yang rusak, guna mencegah terjadinya tingkat kecelakaan lalu lintas. Terlebih diketahui, sepanjang Jalan Ethanol tersebut, merupakan salah satu kawasan perbelanjaan dan kuliner.

Salah satu pengendara yang melintas di Jalan Ethanol, yang juga warga sekitar, Tono (37) mengatakan, kondisi rusak jalan Ethanol sudah cukup lama, perbaikan hanya dilakukan sekali itupun hanya tambal sulam dan kini rusak lagi, bahkan lubang besar bertambah lebar dan banyak.

“Saya pernah mengalami kecelakaan sekali,  terjatuh saat melintas. Kondisi jalan cukup parah, kendaraan cukup sulit untuk memilih jalan menghindari lubang yang cukup lebar dibadan jalan dan licin karena tergenang air. Mungkin jalan ini akan diperbaiki jika sudah ada banyak korban kecelakaan,”ungkapnya. (Ari)

LEAVE A REPLY