Jalan Baru Selesai Dikerjakan Sudah Rusak, Kabid BM Dinas PUTR Ancam Tahan Retensi

0
75
Kondisi Jalan Terong, Kelurahan Iring Multo Metro Timur, baru selesai dibangun sudah rusak/red

Kota Metro, Lampungsai.com – Proyek peningkatan Jalan yang lingkup Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Metro, secara menyeluruh, tim dinas terkait akan memberikan penegasan terhadap pelaksana kegiatan proyek jika tidak sesuai spesifikasi yang ada.

Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kota Metro, Fajar, saat di ruang kerjanya./Abduh

Hal ini di sampaikan Kabid Bina Marga, Fajar, saat dikonfirmasikan diruang kerjanya, Senin 24 September 2018, menyusul adanya salah satu kegiatan proyek peningkatan jalan yang baru dibangun sudah rusak, yakni proyek peningkatan jalan Terong, Kelurahan Iring Mulyo, Kecamatan Metro Timur.

“Tim teknis Dinas PUTR, akan menindak tegas dan biaya perawatan (retensi) akan ditahan sampai pekerjaan sesuai RAB. Sebelumnya, kami akan  memanggil rekanan dan tidak mengeluarkan biaya retensi, sampai pekerjaan yang tidak sesuai dibenahi. Ini juga berlaku terhadap rekanan yang ada selaku pelaksana kegiatan proyek dari PUTR,”katanya.

Masih menurut Fajar, mengenai terjadinya kerusakan pada jalan ketika baru di bangun, sebenarnya untuk kategori pembangunan jalan atau pelebaran jalan dengan cor beton, memang idealnya menunggu 21 hari waktu pengerasan cor.

Kemudian menyinggung kegiatan proyek infrastruktur  tentu juga harus ada papan informasi sebagai bentuk keterbukaan informasi bagi masyarakat. Jika hal ini tidak ada, maka tentu menyalahi aturan yang ada, terlebih kegiatannya terdapat keluhan masalah dari warga, sebagaimana dimuat dalam berita, ini menjadi informasi penting untuk kedepan lebih baik melaksanakan kegiatan.

Pada intinya, dalam kegiatan proyek itu ada gambar dalam perencanaannya, saat action atau pelaksanaannya juga disesuaikan dengan kondisi lapangan, termasuk pelaksana (rekanan) juga harus membuat gambar ketika pelaksanaan sesuai kondisi lokasi yang akan di lakukan pekerjaan.

“Semua kegiatan proyek juga terkadang ada beberapa faktor dilapangan yang berkemungkinan terjadi. Pada intinya Pemerintah ingin semua infrasturktur itu berkualitas cukup baik,”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Lagi-lagi, Proyek infrastruktur Jalan Di Kota Metro, baru dibangun sudah rusak. Kali ini, terjadi pada proyek peningkatan Jalan Terong, Kelurahan Iring Mulyo, Kecamatan Metro Timur, dengan nilai pagu lebih kurang sebesar Rp835 Juta.

Penelusuran tim media ini, lebih kurang dalam waktu 2 minggu, kegiatan peningkatan jalan Terong selesai, cor sisi kiri dan kanan badan Jalan tersebut selesai, sudah rusak, nampak kondisi cor rompal dan retak-retak ditemukan hampir disepanjang badan Jalan Terong. Diketahui juga, kegiatan proyek ini dilaksanakan tanpa ada papan informasi kegiatan (Papan Plang Proyek).(Abduh/Red)

LEAVE A REPLY