Jajaran Polreta Metro Ungkap Kasus Curat Dan Curas, Pelaku Curat Meninggal

0
248

Metro, Lampungsai.com – Kasus tindak pidana kriminalitas pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian dengan pemberatan (Curat), yang kerap beraksi di wilayah hukum Kota Metro, berhasil di ungkap jajaran Tim Opsnal satreskrim Polresta Metro.

Dua orang pelaku, inisial OH (36) warga Lampung Tengah terpaksa dilumpuhkan oleh petugas, dengan tembakan di kedua kaki pelaku, Satu tembakan tepat di atas lutut kaki kanan pelaku. Sementara pelaku Curat inisial HS (56) warga Lampung tengah, meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di Puskesmas terdekat, usai menjalani pemeriksaan.

OH (36) satu pelaku yang di hadiahi timah panas oleh petugas./red

Ungkap kasus, berlangsung di ruang press realase mapolres setempat, Senin 07 Mei 2018, dipimpin langsung Kapolresta AKBP Umi Fadilah Astutik, didampingi Kasat reskrim dan jajaran.

Dalam ekspose, AKBP Umi Fadilah mengungkapkan, pada Minggu 06 Mei 2018, sekitar pukul 18.00 WIB, tim opsnal mendampat informasi, adanya pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), inisial OH (36) berada di Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah.

Dari informasi itu, petugas langsung menuju lokasi informasi dan melakukan penangkapan terhadap pelaku. Saat penangkapan pelaku sedang mengkosumsi narkoba jenis sabu, kemudian di gelandang ke Mapolresta setempat, guna menjalani pemeriksanaan lebih lanjut.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa satu pucuk senjata api rakitan silinder 6 dengan 4 amunisi aktif dan 2 selongsong telah terpakai, satu buah topi kain warna abu-abu yang tertinggal di rumah korban Dedi Susanto di Jl. Jend. Sudirman RT 02 RW 01 kelurahan Ganjar Agung Metro barat.

“Atas perbuatan pelaku OH (36), disangkakan pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan berupa mobil L300 jenis colt diesel. Serta dijerat dengan UU darurat No.12/1951 atas kepemilikan senjata api rakitan/ilegal, dengan ancaman kurungan penjara seumur hidup, paling lama 20 tahun kurungan penjara,”katanya.

Disisi lain, pelaku Curat inisial H (46) meninggal, menurut keterangan Kapolres AKBP Umi Fadilah, kronologis awal, diketahui pelaku tersebut, pelaku curat kendaraan mobil di areal parkir pasar Mega Mall Kota Mtero. Dari itu, pelaku terjaring razia pihak Polsek Bangunrejo Polres Lampung Tengah dan berkoordinasi dengan pihak Polresta Metro dan melakukan pengejaran.

Dalam upaya penangkapan pelaku H (46), terjadi kejar-kejaran dan berhasil ditangkap. Saat ditangkap, pelaku melarikan diri dan dikejar petugas, pelaku terjatuh sebanyak dua kali dan ditangkap. “Dari aksi kejar-kejaran petugas dengan pelaku yang kemudian berhasil menangkap pelaku, tanpa diketahui pelaku meninggal di tempat,”ujarnya.

Diperjelas oleh Kasat Reskrim, bahwa saat penangkapan pelaku H (46) mengaku sesak nafas, petugas membawa pelaku ke puskesmas. Setelah mendapatkan pertolongan medis dengan alat pernapasan oksigen, ternyata pelaku tidak tertolong dan meninggal dunia.

“Meninggalnya pelaku, dimaksudkan saat setelah dilakukan penangkapan dan petugas upaya melakukan introgasi, pelaku mengaku sesak nafas. Petugas membawa pelaku ke puskesmas, dan tim medis nyatakan nyawa pelaku tidak dapat tertolong,”jelasnya.(Abduh)

LEAVE A REPLY