Itera terapkan hari bebas polusi asap kendaraan

0
591

Itera terapkan hari bebas polusi asap kendaraan

id
Wakil Rektor ITERA, Bidang Akademik, Mitra Djamal, rektor itera, Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD

Itera terapkan hari bebas polusi asap kendaraanRektor Itera Lampung Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

…Pada program ini, seluruh jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh mahasiswa tidak diperkenankan membawa mobil atau sepeda motor, kata Rektor Itera….

Bandarlampung (ANTARA Lampung) – Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Lampung menerapkan hari bebas polusi asap kendaraan dengan melarang membawa mobil atau motor ke areal kampus.
"Pada program ini, seluruh jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh mahasiswa tidak diperkenankan membawa mobil atau sepeda motor," kata Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD, di Bandarlampung, Selasa (16/8).
Ia mengatakan bahwa seluruh civitas akademika Itera berangkat ke kampus menggunakan angkutan umum dan sepeda.
Hari bebas polusi di Itera, lanjutnya, pada Senin (15/8) itu dimanfaatkan dengan menjajal angkutan umum yakni Bus Trans Lampung, dari Jalan by pass Soekarno-Hatta, tepatnya di depan Universitas Lampung (Unila).
Rektor didampingi Wakil Rektor Itera Bidang Akademik Prof Dr Ing Mitra Djamal, dan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Sukrasno MS, menikmati perjalanan selama 30 menit dari Kampus Unila ke Kampus Itera dengan ditemani perwakilan dari Dinas Perhubungan Lampung dan PT Lampung Jasa Utama selaku operator bus itu.
Menurut Rektor, kebijakan hari bebas polusi kendaraan diberlakukan sebagai bentuk kepedulian Itera terhadap lingkungan, sehingga dengan tidak adanya polusi kendaraan, udara di sekitar Itera juga menjadi lebih segar dan baik untuk kesehatan.
"Ini baru langkah awal kami dalam mewujudkan iklim `go green` di lingkungan kampus. Bisa saja nanti kebijakan bebas polusi ini diterapkan secara rutin, misalnya setiap minggu, tapi nanti dikaji kembali," ujarnya pula.
Sebelumnya SMAN 9 Bandarlampung juga telah mempelopori gerakan Satu Hari Tanpa Asap.
Menurut Kepala SMAN 9 Bandarlampung Drs Hendro Suyono, pada Jumat (12/8) itu, para guru, staf, dan siswa ke sekolah naik sepeda atau berjalan kaki.
"Semoga aksi dan gerakan ini didukung oleh seluruh stakeholder SMAN 9 Bandarlampung, dan diikuti oleh sekolah yang lain," ujarnya pula.***4***
Budisantoso Budiman
(T.A054)
(T.A054/B/B014/B014) 16-08-2016 21:45:28

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY