HMI Lampung Utara: Kecam Tindakan Polisi Menembak Rakyat Indonesia

0
92

Lampung Utara, Lampungsai.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, gelar orasi di Tugu Payan Mas Kotabumi. Jumat, 24 Mei 2019.

Dalam orasi, HMI Cabang Kotabumi menyampaikan sikap yang ditujukan kepada Aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang melakukan penembakan terhadap warga masyarakat yang ikut dalam Aksi Demo di Jakarta, 21-23 Mei 2019.

Koordinator lapangan, Aprizal, mengungkapkan, dalam proses penyampaian pendapat dimuka umum, telah dijamin UUD 1945 pasal 28 E ayat ke 3. Maka seluruh warga negara NKRI berhak menyampaikan pendapatnya dimuka umum.

“Tindakan yang dilakukan Aparat Kepolisian dalam mengamankan jalannya aksi demonstrasi, bagaimanapun keadaanya, Tidak Pantas melakukan penembakan. Karena itu sudah jauh dari nilai-nilai kemanusian, menembak terhadap rakyat yang sedang melakukan menyampaikan aspirasinya,”ungkapnya.

Masih kata Aprizal, berdasarkan kejadian-kejadian yang terjadi di Jakarta tanggal 21-23 Mei 2019, “Kami HMI Cabang Kotabumi, Lampung Utara menyatakan sikap,  mengecam tindakan represif pihak polisi terhadap rakyat indonesia yang sampai menimbulkan korban jiwa,”tegasnya.

Lalu, “Meminta kepada KOMNAS HAM untuk menyelidiki pelaku penembakan terhadap rakyat indonesia yang melakukan aksi demonstrasi dijakarta. Mendesak pihak kepolisian menjalankan UU No.02 tahun 2002 pasal 2 (Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum, pelindungan, pengayoman dan pelayan masyarakat,”pungkasnya. (Budi Irawan)

LEAVE A REPLY