Hibah Tanah Dan Gedung KPU Bupati Budi Utomo Tandatangani Batu Prasasti

0
188

Lampung Utara, Lampungsai.com – Serah terima hibah tanah dan gedung Kantor KPU, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Kabupaten Lampung Utara, Budi Utomo. Selasa, 09 November 2021.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lampung Utara Fadli Ahmad, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami beserta Komisioner, Tio Aliansyah dan Ketua Bawaslu Lampung Utara, Hendry Hasim.

Dikesempatan itu, Bupati Budi Utomo menyampaikan bahwa, keberadaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah memiliki landasan hukum yang sangat kuat. Selain didasarkan pada Konstitusi Negara pasal 22E, UUD 1945, juga telah memiliki payung hukum tersendiri yakni, UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

Di dalam UU Nomor 15 Tahun 2011 tersebut mengatur mengenai penyelenggara Pemilihan Umum yang dilaksanakan oleh KPU yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri.

“Sifat tetap ini menunjukkan KPU sebagai lembaga yang menjalankan tugas secara berkesinambungan, meskipun dibatasi masa jabatan tertentu. Karena itu diperlukan adanya fasilitas sarana dan prasarana yang tetap pula, dalam rangka mendukung penyelenggaraan tugas KPU di daerah,”kata Bupati.

Berbicara dukungan penyediaan sarana prasarana Kantor KPU ini, dikatakan Bupati Budi, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah memberikan dukungannya, yaitu dengan memberikan pinjam pakai berupa aset tanah dan bangunan milik Pemerintah Daerah, eks Gedung Pemadam Kebakaran kepada KPU Kabupaten Lampung Utara.

Namun, agar lebih menegaskan lagi bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sangat mendukung kerja KPU, maka pada hari ini aset Pemda tersebut dilepaskan untuk dihibahkan kepada KPU Kabupaten Lampung Utara.

“Mudah-mudahan, dengan dihibahkan tanah dan gedung ini maka KPU Kabupaten Lampung Utara dapat lebih leluasa mengelola, menata, membangun dan mengembangkan sarana dan fasilitas pendukungnya untuk mendukung pelaksanaan kerja-kerja KPU,”ujar Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Lampung Utara, Afrizal Ria memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas Hibah Tanah dan Gedung Kantor KPU Kabupaten Lampung Utara. (Diskominfo Lampura)

LEAVE A REPLY