Hasil Tangkapan Ikan Menurun, Nelayan Teluk Semaka Harap Pemkab Bangun Rumpon Ikan

0
56

Tanggamus, Lampungsai.com – Beberapa tahun terakhir ini, para nelayan perairan laut Teluk Semaka, Kabupaten Tanggamus mengeluh atas hasil tangkapan ikan semakin minim. Para nelayan setempat berharap kepada Pemerintah setempat dapat membangun Rumpon ikan.

Dikatakan salah satu nelayan, Pantai laut Kota Agung, Yanto, sudah beberapa tahun belakangan ini hasil tangkapan ikan bagi nelayan, khususnya nelayan jaring dan pancing sangat minim dibanding sebelumnya.

Penurunan hasil tangkapan mencapai 70 persen lebih dan itupun hanya jenis ikan tertentu saja yang masih cukup banyak di perairan setempat. Adapun penyebab penurunan tangkapan dikarenakan populasi ikan yang beredar diwilayah perairan Teluk Semangka sudah mulai berkurang,

“Ikannya yang memang berkurang peredarannya di Teluk Semangka ini, bahkan beberapa jenis seperti layur dan lainnya sudah sulit didapatkan. Yang masih sering kami dapatkan saat melaut paling ikan kembung, selar, tongkol kalau sedang musim. Tapi hasil tangkapan sangat jauh penurunan dibanding  dahulu. Harapan nelayan Pemerintah Tanggamus dapat membangun rumpon atau rumah ikan, agar seluruh nelayan bisa merasakan manfaatnya,”ungkap Yanto. Selasa, 30 April 2019.

Disampaikan juga oleh nelayan lain, Nurkholik, menurutnya dengan adanya rumpon ikan, maka akan mengundang ikan kembali banyak beredar di Teluk Semangka. Karena fungsi rumpon ini sebagai tempat ikan atau rumah karang buatan bagi ikan tersebut, sehingga menarik ikan bergerombol di rumpon.

Dahulu pernah ada Pemerintah bangun rumpon, sehingga banyak ikan tangkapan yang di hasilkan, apalagi nelayan pancing, tangkapan mereka lumayan terus. Area yang tepat untuk dibangun rumpon disekitaran perairan Teluk Brak, Karang Brak, Kuala dan area perairan Putih Teluk Semangka.

“Jika Pemerintah mau dan fokus bantu nelayan kecil, bangun saja 5 rumpon di area perairan Karang Brak, Teluk Brak, Kuala dan wilayah lainnya. Manfaat akan terasa langsung bagi nelayan kecil ini. Kemudian jika ada bantuan peralatan, kami harapkan juga seperti jaring, pancing atau mesin perahu atau perahu fiber,”ungkapnya. (Wn/Budi MW)

LEAVE A REPLY