Hariyadi: Aset Daerah Juga Miliki Aspek Jaminan Pembangunan Daerah

0
250
Kepala Bidang Aset Pemkab Tanggamus, Hari Haryadi, di ruang kerjanya./Budi WM

Tanggamus, Lampungsai.com –  Aset kekayaan Negara/Daerah lingkup Kabupaten Tanggamus, memiliki aspek yang berperan sebagai jaminan pembangunan daerah. Beberapa aset yang ada, khususnya aset tidak bergerak (Tanah dan Bangunan),   sebagiannya telah di hibahkan.

Dijelaskan Kepala Bidang Aset Daerah Kabupaten Tanggamus, Hari Haryadi, di ruang kerjanya, Senin 27 Agustus 2018, bahwa, Aset daerah merupakan kekayaan daerah yang pada hakikatnya terdiri dari aset bergerak dan tidak begerak. Dalam aspek yang lain, aset pemerintah dapat berperan sebagai jaminan pembangunan di daerah.

Ada juga aset yang di hapus, maksudnya, aset-aset milik Pemkab yang telah dihibahkan ke satuan kerja tertentu dan telah diserah terimakan. Di antaranya adalah aset tanah yang dihibahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), tanah Bumi Perkemahan dan Tanah BNN.

“Aset yang telah dihibahkan, Pemkab tidak ada kewenangan lagi. Namun prosedur berikutnya adalah penata usahaan dalam bentuk panghapusan dari penetapan data inventaris daerah,”kata Hari diruang kerjanya, Selasa 28 Agustus 2018.

Hari melanjutkan, selain dari itu, ada aset bergerak yang berupa kendaraan inventaris kantor atau kendaraan dinas. Wacana kedepan, akan menginventarisir kendaraan yang menjadi prioritas, dengan sistem lelang, baik itu kendaraan roda empat yang kategorinya sudah lama dan tidak efektif di gunakan.

“Semua ini akan dilakukan dan melalui proses sesuai aturan yang berlaku. Tentunya dilakukan penginventarisir terlebih dahulu, guna mengetahui kondisi aset bergerak yang layak atau tidak layak dan kemudian dilakukan lelang,”jelasnya. (Budi WM/Amran)

LEAVE A REPLY