Harga Kopi Robusta di Lampung Capai Rp23.000/Kg

0
646

Harga Kopi Robusta di Lampung Capai Rp23.000/Kg

id
Kopi robusta, kopi lampung

Harga Kopi Robusta di Lampung Capai Rp23.000/Kg Petani di Liwa Lampung Barat umumnya menjemur biji kopi di depan rumahnya. (FOTO ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

…Saat ini harga kopi lumayan bagus mengingat persediaan kopi di tingkat petani sedikit setelah panen raya beberapa bulan lalu, kata Rohimi…

Bandarlampung (ANTARA Lampung) – Harga biji kopi robusta di tingkat petani Lampung antara Rp22.000 hingga Rp23.000 per kilogram mengingat kurangnya stok komoditas tersebut setelah usainya panen raya.
"Saat ini harga kopi lumayan bagus mengingat persediaan kopi di tingkat petani sedikit setelah panen raya beberapa bulan lalu," kata Rohimi, petani kopi asal Desa Datarajan Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu.
Ia mengatakan harga kopi di tingkat petani itu dengan kadar air 15 persen, sedangkan harga biji kopi di tingkat pengekspor saat ini sebesar Rp24.000/kg.
Menurutnya, bertahannya harga itu juga tidak lepas dari kualitas biji kopi dengan pengelolaan yang baik setelah panen.
Rohimi menjelaskan panen raya kopi pada beberapa bulan lalu cukup baik mengingat selain kondisi iklim yang cukup bagus pada tahun lalu, perlakukan terhadap tanaman kopi juga diterapkan oleh petani seperti pemberian pupuk sesuai aturan, merawat dari penyakit, busuk buah dan batang.
"Pemupukan juga dilakukan sebanyak tiga kali setahun, yakni pada Maret, Mei, dan Agustus dengan menggunakan pupuk kimia dan organik," tambahnya.
Sunyoto petani kopi di Lampung Barat mengatakan bahwa harga kopi saat ini masih bertahan di kisaran Rp22.000 hingga Rp23.000/kg.
Harga biji kopi tersebut, lanjutnya, masih akan bertahan hingga beberapa pekan ke depan mengingat stok biji kopi di petani tidak sebanyak saat panen raya beberapa bulan lalu.
"Petani saat ini hanya mengandalkan panen selingan," lanjutnya.
Panen raya kopi di Lampung, lanjutnya, berlangsung sejak Juli-Agustus 2016 naik sekitar 30 persen dibandingkan musim sebelumnya tahun lalu.
"Hasil panen kopi tahun ini di Lampung Barat mencapai dua ton per hektare. Bahkan ada beberapa daerah di Lampung Barat produksinya mencapai tiga ton per ha," kata Sunyoto lagi.
Lampung merupakan pemasok kopi robusta terbesar di Tanah Air dengan produksi rata-rata 100.000-ton per tahun dengan luas areal kopi mencapai 163.837 hektare. (Ant)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY