Guna Efisiensi Pengelolaan Managemen Informasi Seputar Rumah Sakit, RSUD A.Yani Miliki Tim Kehumasan

0
203

Kota Metro, Lampungsai.com – Guna ke efisienan dan ke efektifan dalam pengelolaan informasi seputar managemen pelayanan RSUD A.Yani Kota Metro, kini mempunyai bidang kehumasan yang menangani informasi yang tentunya patut di informasikan khalayak umum, utamanya informasi bebentuk publish atau pemberitaan.

Pembentukan tim kehumasan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direktur UPTD RSUD A.Yani Kota Metro No: 1276/KPTS/LL-3/2019 tentang pembentukan tim kehumasan UPTD RSUD A.Yani setempat.

Dalam SK tersebut tertuang struktur atau bagan tim kehumasan dengan selaku pengarah Direktur dr.Trestyawati,.SP.OG, penanggung jawab  Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Keuangan dan Tata Usaha Eko Hendro Saputra,.ST.M.kes., Wakil Direktur Bidang Pelayanan dr. Fitri Agustina.

Untuk Ketua tim kehumasan dipercayakan kepada Kabag TU, Siti Hairani,.SKM,.M.Kes, Sekretaris Drs.Syah Syam (Kabag Perencanaan), Data base/Keuangan Rosdiana, SH (Kabag Keuangan).

Ketua Tim Kehumasan, Siti Hairani (Kabag TU RSUD A.Yani).

Tim pengelolaan media publikasi diantaranya, dr.Anita Veramawati (Kabid Medis), Singgih Pramono,.SKM (Kabid Diklat), Surati,.S.Kep (Kabid Perawatan).

Disampaikan Siti Hairani, mendampingi Direktur dan para Wakil Direktur bahwa, masing-masing tim yang dibentuk memiliki tugas fungsi masing-masing, dari Pengarah, Penanggung Jawab sampai bawahnya, sesuai SK yang telah ada, seputar kegiatan Rumah Sakit, yang pada intinya mengarah pada informasi yang sepatutnya di informasikan khalayak umum, termasuk juga dalam kegiatan publikasi, jumpa pers dengan media online/cetak dan elektronik.

Sebenarnya, RSUD A.Yani juga telah ada pusat informasi seputar managemen pelayanan, yakni SIM-RS, Home Care Centre. Namun sangat dianggap perlu juga dibentuk tim kehumasan dalam menangani penyajian informasi terkait RSUD ini, khususnya informasi yang layak siar atau publish berkerja sama  dengan rekan-rekan awak media/pers yang ada, secara umum dapat di peroleh melalui tim kehumasan sesuai tugas fungsi yang ada.

“Inilah tujuan utama tim kehumasan dibentuk, agar informasi yang di siarkan kepada khalayak umum (Publik) dapat benar-benar akurat dan positi. Namun tidak pula pihak RSUD enggan menerima kritikan yang sifatnya membangun, namun tentunya dapat di lakukan dengan koordinasi dan komunikasi, agar informasi yang out nantinya dapat positif sebagai informasi yang patut dikosumsi publik,”jelasnya.

Untuk diketahui, UPTD RSUD A.Yani Kota Metro juga, telah memiliki Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit (SIM-RS), ditangani tim khusus dibidangnya. Adapun SIM-RS tersebut menangani seputar informasi pendaftaran medis, IT dan pelayanan.

Sistem Informasi Managemen dimaksudkan adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal meliputi pemanfaatan SDM, Dokumen, Teknologi dan Prosedur oleh akuntansi managemen guna memecahkan permasalahan pelayanan, bisnis seperti biaya produk atau strategi bisnis.

Sistem Informasi Manajemen dapat dibedakan dengan Sistem Informasi biasa. SIM digunakan untuk menganalisis sitem informasi lain yang di terapkan pada aktivitas operasional organisasi yang ada di RSUD itu sendiri.

Secara Akademis, umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode managemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia (SDM), semisal sistem pendukung keputusan, sistem pakar dan sistem informasi eksekutif. Maka SIM RSUD A.Yani di kelola oleh SDM yang mumpuni dibidangnya, yang dipercayakan oleh salah satu staf RSUD setempat yakni Mulia Apriani. (Red)

LEAVE A REPLY