GSG Roboh, Dinas PMD Tanggamus Akan Turun, Inspektorat Telaah RAB

0
874

Tanggamus, Lampungsai.com – Robohnya bangunan Gedung Serba Guna (GSG) di Pekon Tanjungraja, Kecamatan Cukuh Balak, Kadis PMD Kabupaten Tanggamus akan segera turun lapangan. Selasa,19 November 2019.

Kadis PMD Tanggamus Idham.

Dikatakan Idham Khalid, selaku dinas yang bertanggungjawab mengucapkan terimakasih kepada rekan – rekan media yang telah menyampaikan informasi. Dalam waktu dekat pihak PMD Tanggamus, akan turunkan tim untuk cek ke lokasi.

“Karena sampai saat ini belum ada laporan yang masuk. Dengan adanya informasi dari rekan-rekan media, baru dapat mengetahuinya. Kita akan upayakan dalam waktu dekat ini, akan cek langsung ke lapangan,”katanya.

Terpisah, Sekretaris Inspektorat Tanggamus, Gustam menyatakan, pihaknya akan menelaah penyebab robohnya GSG tersebut, apakah dari faktor alam atau faktor yang lain.

Sekretaris Inspektorat, Gustam.

“Kami akan menelaahnya dan mengumpulkan data yang berkaitan dengan RAB, apa yang sudah dilaksanakan dan apa yang menyebabkan gedung roboh. Kalau robohnya itu masuk kelalaian dari Tim Pengelola Kegiatan (TPK), maka diperintahkan kepada TPK untuk dibangun dan diperbaiki kembali,”ujarnya.

Saat disinggung bangunan GSG dengan ukuran 20 Meter x 9 Meter, apakah harus menggunakan ring balok gantung, Gustam mengatakan bahwa, berkaitan dengan pembangunan gedung harus ada perencanaanya yang matang.

“Berkaitan dengan gambarnya, kekuatan, kualitas maupun kuantitas. Sehingga dengan bentang 20 Meter x 9 Meter, harus memakai ring balok maupun cor – coran, agar bangunan kuat dan kokoh. Jika tidak memakainya, maka akan roboh,”ungkapnya.

Untuk lebihnya, Gustam melanjutkan, seperti adukan semen dan lainnya, harsu dengan Uji Lab atau alat deteksi. Inspektorat tidak punya alat itu.

“Untuk mendeteksi struktur bangunan, bisa diambil sample nya, agar di ujikan ke laboratorium di UBL atau Unila,”ungkapnya. (Budi WM/Tim)

LEAVE A REPLY