Giat Peringati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-59, Dharmakarini Dan Bupati Giat Baksos

0
173

Tanggamus, Lampungsai.com – Dalam rangka peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-19, Bupati Tanggamus, Dewi Handajani berserta jajaran dan para Dharmakarini Kejari setempat, gelar bakti sosial bersih sampah dan pembagian tempat sampah. kegiatan dilaksanakan di  Taman Kota Agung. Minggu, 14 Juli 2019.

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakann, ini adalah suatu aktualisasi dari pada komitmen bersama untuk menjaga lingkungan dan menjaga kebersihan. “Terima kasih karena telah diberikan bantuan berupa 40 tong sampah baik itu yang dan organik organik dan juga untuk D3 ataupun sampah yang berbahaya,”ungkapnya.

Ketua umum pusat Yulirza mengatakan, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ikatan Adhyaksa dharmakarini ke-19 sekaligus sebagai suatu bentuk komitmen dan kesungguhan segenap jajaran ikatan Adhyaksa dharmakarini yang merupakan mitra kerja setiap Kejaksaan republik Indonesia untuk secara Negeri memberikan kontribusi nyata guna mewujudkan Indonesia bersih menuju Indonesia sehat.

Kegiatan Gerakan Indonesia bersih yang sejatinya merupakan salah satu bagian dari gerakan nasional revolusi mental sebagaimana diamanatkan oleh Instruksi Presiden Nomor 12 tahun 2016 merupakan suatu gerakan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah demi mewujudkan Indonesia bebas sampah oleh karenanya gerakan tersebut mencakup beberapa hal.

Kejagung RI Monitoring Giat Baksos Hari Bhakti Adhyaksa Ke 59 Di Tanggamus

Dalam Rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakartini ke XIX, Kepala Jaksa Agung (Kejagung) Republik Indonesia memonitoring kegiatan Bhakti Sosial di Kabupaten Tanggamus. Sabtu, 13 Juli 2019.

Bhakti Sosial tahun 2019 yang mengusung tema “Kegiatan Bhakti Sosial Kejaksaan RI menuju Indonesia Sehat.” Itu diisi dengan kegiatan Bhakti Sosial Operasi Katarak dan PAP Smear, di dua lokasi, yakni RS Panti Secanti Gisting dan RSUD Batin Mangunang Tangggamus.

Tidak hanya sendiri, kedatangan Kepala Kejaksaan Agung RI H.M Prasetyo juga didampingi Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakartini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo beserta Arminsyah (Wakil Jaksa Agung RI), Wilza Yunita(Wakil Ketua Ikatan Dharmakarini Rai),Loeke Larasanti. (Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara),Bambang Sugeng Rukmono (Sekretaris Jampitsus), Sartono (Kejati Prov.Lampung), Teti Sartono (Ketua IAD Wilayah Lampung), Warih Sardono (Kejati DKI Jakarta).

Kedatangan rombongan yang tiba sekira pukul 10.00 WIB tersebut disambut langsung oleh David Palapa Duarsa (Kajari kab. Tanggamus), Dewi Handajani  (Bupati Tanggamus), A.M Syafii  (Wakil Bupati Kab,Tanggamus) Letkol Arh.Anang Hasto Utomo (Dandim 0424/Tanggamus), AKBP Oct. Hesmu Baroto (Kapolres Tanggamus), Heriansah Lubis (Sekdakab Tanggamus), Andrias (Dr Kejagung RI), Welli Stefanus (Kepala Rumah Sakit Panti Secanti), Kejari dan Rombongan Se-Prov Lampung, serta Kepala OPD se-kabupaten Tanggamus dan Camat Se-Tanggamus.

Dalam laporanya, Kejati Lampung Sartono menyampaikan, melalui kegiatan Bhakti Sosial yakni operasi katarak gratis tersebut merupakan wujud kehadiran Adhyaksa di tengah-tengah masyarakat di luar dari kesibukan sehari-hari sebagai penegak hukum.

“Pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini merupakan ide yang dirintis langsung pada masa kepemimpinan Jaksa Agung beserta ibu ketua umum Adhyaksa dharmakartini. Dan selanjutnya jajaran kejaksaan tinggi seluruh Indonesia telah mengimplementasikannya wilayah hukumnya masing-masing,” kata Kajati.

Sementara itu, Jaksa Agung RI AM Prasetyo dalam sambutannya mengatakan, acara bakti sosial khususnya operasi Katarak mungkin sudah mencapai lebih dari 18.000 orang yang telah ikut kegiatan ini. Mengingat kegiatan tersebut bukan kali pertama diselenggarakan oleh Jaksa Agung dan jajaran di seluruh tanah air.

“Saya sampaikan bahwa pemerintah kita memiliki peran yang sangat besar dalam kesehatan bagi segenap warga negara hendaknya, pemerintah sejak sekian lama telah mencanangkan program kesehatan nasional melalui BPJS kesehatan, kita semua juga mendukung program itu agar lebih berhasil lagi, supaya program-program pemerintah ini bisa berjalan lebih efektif dan hasilnya lebih maksimal. Karenanya melalui kerjasama antara kejaksaan didukung penuh dengan jajaran dan temen-temen para Jaksa dan dokter yang selama ini demikian setia dan dengan penuh ketulusan selalu bersama-sama kami untuk menyelenggarakan acara seperti ini,” ungkapnya.(Adv)

LEAVE A REPLY