Gelar Perkara Curat, 4 Orang Tersangka Hanya 2 Pelaku Ditahan

0
485
Dua pelaku Curat SI (20) dan RI (26) saat di gelandang ke ruang tahanan oleh petugas Polsek Pematang Sawa Tanggamus./Budi WM

Tanggamus, Lampungsai.com –  Gelar perkara pencurian dengan pemberatan (Curat), Tim Reskrim Polsek Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus, resmi tetapkan empat tersangka, dua pelaku resmi ditahan inisial SI (20) dan RI (26), dua pelaku lain masih dibawah umur. Dasar perkara dengan nomor LP/B-76/XII/2017/Polda Lpg/Res Tgms/Sek Pmt Sawa, tanggal 12 Desember 2017, dengan korban Nurdin (33) warga Dusun Cita Padang Pekon Way Asahan Kecamatan Pematang Sawa.

Kapolsek Pematang Sawa Ipda Lukman mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili mengatakan, kedua pelaku Curat sebelum dilakukan penahanan resmi sebagai tersangka Curat. Kedua pelaku lebih di amankan warga Pekon Way Asahan atas dugaan Curat, sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa 12 Desember 2017 lalu.

Setelahnya, kedua pelaku di serahkan ke Mapolsek Pematang Sawa. Atas hal itu dibuatkan laporan perkara dan dilakukan gelar perkara. Keduanya terbukti telah melakukan tindak pidana curat terhadap korban Nurdin (33) tersebut.

Diketahui, pelaku SI (20) merupakan warga Pekon Tampang Muda dan RI (26) warga Dusun Citapadang Pekon Way Asahan. Dari tangan kedua pelaku, diamankan juga barang bukti berupa 2 unit speaker aktif dan hp milik korban.

Masih menurut Ipda Lukman, lanjut dalam gelar perkara yang dilakukan petugas, aksi curat kedua pelaku dilakukan bersama 4 pelaku lainnya. 2 orang diantaranya masih dibawah umur yakni inisial Al (15) dan DO (15). Kemudian inisial YA (20) dan AL (16) masih dalam pengejaran, sementara ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Aksi para pelaku, pada Senin 11 Desember 2017, sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu situasi kediaman korban Nurdin (33) dalam keadaan tak berpenghuni (Kosong). Para pelaku masuk kedalam rumah dan mencuri 2 spekaer aktif dan Hp milik korban, kemudian menyembunyikannya ke semak-semaka.

Dilanjutkan Ipda Lukman, sekitar pukul 21.00 WIB, 4 orang pelaku kembali ke Pekon Way Asahan (Tkp) hendak mengambil barang curian yang disembunyikan, tanpa sadar, warga setempat telah mengintai, 4 pelaku diamankan, dua diantaranya berhasil meloloskan diri.

Dari itu, dua pelaku yang masih di bawah umur tidak dilakukan penahanan, sementara dua pelaku SI dan RI ditahan, dua pelaku lain masih DPO. Atas perbuatan para pelaku di sangkakan pasal 363 ayat (1) ke 4 e & 5 e Jo 55 ayat (1) ke 1 e Jo 56 ayat (1) ke 1 e  KUHPidana  dan UU RI No.11/ 2012 tentang Sistem Peradilan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

“Terhadap 2 pelaku dibawah umur AL (15), DO (15) tidak dilakukan penahanan tetapi perkaranya terus berlanjut, sementara AL (16) dan YA (20) keduanya ditetapkan DPO,”ungkapnya. (NN/Budi WM)

LEAVE A REPLY