Festival Sungai Mesuji Meriahkan HUT Kabupaten Mesuji Ke-11

0
325

Mesuji, Lampungsai.com – Meriahkan HUT Kabupaten Mesuji ke – 11, Pemerintah Kabupaten setempat menggelar serangkaian kegiatan, diantaranya lomba perahu dayung, perahu getek dan sepeda angsa. Perlombaan satu kesatuan agenda HUT dengan tema “Festival Sungai Mesuji”.

Lomba tersebut di pusatkan di Sungai Wiralaga, Jumat, 22 November 2019, di ikuti 50 peserta/tim yang terdiri dari seluruh Forkopimda Mesuji, Kecamatan, Desa, Perusahaan, Masyarakat dan Pelajar.

Peserta lomba, terdiri dari 18 tim perahu dayung, 22 peserta perahu gètèk dan 20 peserta balap sepeda angsa khusus pelajar dengan jarak tempuh lebih kurang 2 Kilometer.

Plt Bupati Kabupaten Mesuji, Saply TH menjelaskan, kegiatan perlombaan ini sebagai salah satu cara untuk melestarikan warisan budaya dan pariwisata di Kabupaten Mesuji, sehingga dapat menarik wisatawan untuk datang ke Mesuji.

Perlu disampaikan juga bahwa, sebelum berdirinya Kabupaten Mesuji, khususnya di aliran Sungai Mesuji, terdapat  9 Desa pertama pada tahun 1876, Pangeran Mat yang pertama datang ke Kabupaten Mesuji.

Perlombaan semacam ini sudah ada saat it,  yang mengikuti lomba perahu dayung adalah suku-suku yang ada di wilayah Mesuji. Sampai sekarang, acara ini terus lestarikan.

“Saat ini juga telah menjadi ajang atau event internasional. Kegiatan ini sangat identik dengan Suku Mesuji. Budaya yang di tinggalkan para pendahulu, harus terus kita pertahankan dan kita lestarikan supaya tidak punah,”ungkapnya. (Baginda)

 

LEAVE A REPLY