Fachrul Razi :”Jabatan Itu Amanah, Tanggung Jawab Dan Pengabdian”

0
306

Jakarta, Lampungsai.com – Menteri Agama, Fachrul Razi tekankan kepada seluruh pejabat Kemenag untuk selalu mengingat jabatan adalah amanah, tanggung jawab dan jabatan adalah pengabdian.

“Para pejabat Kemenag yang sudah memangku amanah jabatan untuk selalu memperhatikan tiga hal utama yang harus disadari bahwa jabatan adalah amanah. Maka wajib hukumnya menjaga amanah dalam wujud loyalitas pada tugas,”

Demikian kata Fachrul, usai melantik 12 Pejabat Eselon II, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. Jumat, 17 Januari 2020.

Fachrul Razi melanjutkan, sebaik apapun sistem pengawasan yang ada, bila seorang pejabat tidak bisa mengkontrol diri untuk amanah, maka tidak bisa mewujudkan birokrasi yang bersih.

Kemudian harus menyadari bahwa jabatan adalah tanggung jawab. Karena itu, bersikap hati-hatilah dengan menjaga diri dalam menjalankan tugas. Taati seluruh aturan perundang-undangan, sumpah jabatan dan etika jabatan

Terakhir, harus sadari bahwa jabatan merupakan sarana pengabdian. Jabatan bukan tujuan pengabdian. Maka tiap pejabat harus bisa mengklasifikasi.

“Jangan sampai tertukar antara sarana dan tujuan, sehingga dapat merugikan diri sendiri dan institusi hingga keluarga pun ikut terkena imbasnya,”ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Fachrul Razi menuturkan, selain tiga yang dipaparkan, perlu di ingatkan kembali agar seluruh pejabat dapat membangun hubungan baik dan kerjasama dengan banyak pihak. Utamanya, dengan para Ulama, Tokoh Agama, Majelis Agama, Ormas keagamaan serta segenap Elemen Umat Beragama.

“Karena Kemenag bertugas menjaga kerukunan Umat Beragama dan menyebarkan Moderasi Beragama. Maka, tidak ada tempat bagi ASN atau pejabat yang berpaham radikal di Kementerian Agama,”tegasnya. (AJO Indonesia) 

LEAVE A REPLY