Eksklusif : Dunia Pendidikkan Masa Pandemi Covid-19 Peranan Guru Sangat Berpengaruh

0
243

Oleh : Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Metro
Ir. Ria Andari. M.,Pd.

Kota Metro, Lampungsai.com – Pendidikan Indonesia kini tengah diuji oleh pandemi COVID-19. Di tengah keterbatasan komunikasi, guru-guru ini memutar otak agar tetap bisa mengajar muridnya.

Banyak hal yang perlu dilakukan, terlebih bertepatan pada Senin, 5 Oktober 2020, adalah peringatan Hari Guru Sedunia yang diperingati tahunan sejak 1994.

Hari Guru banyak makna peran penting kepemimpinan guru di masa krisis akibat pandemi COVID-19. Peran penting lainnya adalah dalam membentuk optimisme dan keyakinan terhadap masa depan.

“Dalam masa krisis ini, para guru telah menunjukkan yang sebetulnya sudah sering kali dilakukan, sebuah kepemimpinan yang baik dan terus berinovasi. Guru selalu memastikan tidak ada yang tertinggal dan proses belajar terus berlangsung,”

Para guru telah bekerja sendiri atau berkelompok untuk menemukan solusi dan lingkungan pembelajaran yang baru dan aman.

Peran guru tak hanya dalam proses belajar mengajar, namun memastikan kesehatan seluruh penghuni sekolah ketika akan dibuka kembali.

Di momen Hari Guru 5 Oktober 1994 – 2020 terdapat rekomendet yang mengatur berbagai hal terkait hak dan tanggung jawab, serta standar persiapan awal seorang guru.

Mengatur juga didalamnya perekrutan, administrasi kepegawaian serta proses belajar mengajar yang dilakukan guru.(Aturan 1966 ILO/UNESCO)

“Ada sasaran khusus sasaran khusus di bidang pendidikan, guru sebagai kunci keberhasilan pencapaian target pada 2030. Artinya, Hari Guru Sedunia menjadi tanda dan refleksi berbagai hal yang menjadi tantangan sekaligus keberhasilan”.

Dengan mengingat jasa para pengajar, tentu tak ada salahnya mengucapkan selamat pada peringatan Hari Guru Sedunia.

Guru adalah pendidik terbaik pembuka jalan pengetahuan. Guru yang terbaik mengajar dari hati bukan buku.

Terima kasih telah menjadi pengajar, teman, saudara, dan orang tua. Atas dukungan, motivasi, dan ilmu yang selalu diberikan. Selamat Hari Guru Sedunia. (*)

LEAVE A REPLY