DPRD Tanggamus Gelar Paripurna Agenda Pandangan Fraksi Atas KUPA PPAS APBD-P TA 2021

0
266

Tanggamus, Lampungsai.com – Rapat Paripurna Penyampaian RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 dan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Tanggamus. Senin, 20 September 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan dan para Kepala OPD, Asisten serta Unsur Forkompinda, paa Camat,  Pimpinan Ormas, Tim Ahli, Pengurus APDESI, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Pemuda ( Melalui virtual/Zoom Metting ).

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani menyampaikan, dalam rapat paripurna menyampaikan, tepat 3 tahun yang lalu, 20 September 2018, dilantik oleh Gubernur Lampung dan bersama memimpin daerah dengan segala keberhasilan dan permasalahan.

Dalam pembahasan Ranperda tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 ini, yang tujuannya adalah untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Masih kata Bupati, penyusunan Ranperda Perubahan APBD berdasarkan pada PP Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah serta Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Maka, Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menyusun Kebijakan Umum Perubahan Anggaran serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan yang telah disepakati dan ditandatangani MoU KUPA-PPAS Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2021.

Dalam penyusunan KUPA-PPAS Perubahan tersebut, kata Bupati, tetap memperhatikan arahan dan pedoman dari pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19, perbaikan ekonomi daerah dan jaring pengaman sosial.

Dalam Rancangan Perubahan APBD yang disusun terdapat berbagai perubahan baik pada komponen pendapatan, belanja maupun pembiayaan. Secara garis besar Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2021 diantaranya, 1) Pendapatan Daerah Kabupaten Tanggamus pada tahun 2021 mengalami perubahan dari semula 1,9 Triliun Rupiah menjadi 1,86 Triliun Rupiah atau berkurang sebesar 40,08 Miliar Rupiah, penurunan tersebut dikarenakan adanya efisiensi oleh Pemerintah Pusat terhadap Transfer Ke Daerah.

2) Belanja Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 mengalami perubahan dari 1,995 (Satu koma Sembilan Ratus Sembilan Puluh Lima) Triliun Rupiah menjadi 1,999 (Satu koma Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan) Triliun Rupiah atau bertambah sebesar 3,9 Miliar Rupiah.
3) Pembiayaan Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 secara total sebesar 131,39 Miliar Rupiah dari semula 87,4 Miliar Rupiah atau bertambah sebesar
43,99 Miliar Rupiah, penambahan ini bersumber dari penerimaan Pembiayaan SILPA tahun Anggaran Sebelumnya, berdasarkan hasil Audit BPK.

“Berdasarkan penjelasan tersebut, maka Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 tetap dalam kondisi anggaran berimbang antara Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah,”jelas Bupati Dewi.

Sementara itu, Fraksi PKS, Marini Sari Utami menyampaikan pandangan fraksi, mendukung dan menerima apa yang telah disampaikan oleh Bupati Tanggamus dengan harapan semunya dapat berjalan sesuai dengan harapan serta perubahan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2021 dapat sepenuhnya dirasakan dan berpihak pada rakyat.(Kominfo)

LEAVE A REPLY