DPRD Kabupaten Tanggamus Gelar Paripurna 3 Agenda Sekaligus

0
529

Tanggamus, Lampungsai.com – Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Heri Agus Setiawan, pimpin rapat Paripurna didampingi para Wakil Ketua DPRD Tanggamus yang diikuti 36 Anggota DPRD Tanggamus yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten setempat. Senin 18 Oktober 2021.

Rapat Paripurna dilaksanakan dengan Tiga agenda, yakni Rapat Paripurna Penyampaian 2 Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 dan Pemandangan Umum Fraksi-fraksi, Rapat Paripurna Penyampaian 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah dan Pemandangan Umum Fraksi-fraksi dan Penandatanganan MoU Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2022.

Jhoni fraksi Nasdem

Dalam rapat paripurna tersebut Fraksi NasDem mengapresiasi dan mendukung Pemerintah Daerah membahas RPJMD. hal tersebut disampaikan saat pandangan fraksi partai nasdem yang sampaikan oleh Johny Wahyudi, selaku sekertaris Fraksi NaDem. Dari beberapa bidang menjadi sorotoan fraksi partai nasdem antara lain, bidang pendidikan, ekonomi, kemaritiman, pariwisata dan pertanian.

Untuk bidang pendidikan ada 3 poin penting yang menjadi sorotan yaitu tentang sistem asesmen ujian kelulusan, tentang Sekolah gratis sampai dengan SMA, serta pendirian sekolah tinggi yang nantinya dikelola oleh pemeritah Kabupaten Tanggamus. Bidang ekomoni, tentang meningkatnya angka kemiskinan dan penguatan umkm sebagai langkah nyata yang harus dilakukan untuk menekan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya Bidang pertanian yaitu tentang masalah Pangan, Stabilitas Harga Gabah, Pengairan Dan Masalah Hama Wereng.Bidang pariwisata dan bidang kemaritiman juga menjadi sorotan fraksi nasdem terkait pemanfaatan serta pemaksimalan pengelolaan wisata yang ada, menjadi hal penting dan dapat membantu pemerintah daerah.

“Fraksi NasDem Tanggamus akan konsen pada gerakan restorasi demi tercapai tujuan rakyat tanggamus adil dan mandiri secara ekonomi, serta demokrasi secara politik dan budaya,”pungkas Jhoni.

Bupati Dewi Handajani dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa, sesuai Pasal 236 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Pembentukan peraturan daerah merupakan wujud kewenangan yang diberikan kepada pemerintahan daerah dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan serta menampung kondisi khusus daerah dan atau penjabaran lebih lanjut peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

“Terkait hal tersebut, kami selaku kepala daerah menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan, anggota dan seluruh alat kelengkapan dewan yang telah mengajukan Ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Tanggamus,”kata Bupati.

Selanjutnya, Wakil Bupati AM. Syafi’i, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa, peraturan daerah merupakan peraturan perundang-undangan yang dibentuk dengan persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah.

Terkait dengan hal tersebut, maka diperlukan penetapan kebijakan daerah untuk menjadi pedoman yang memiliki legalitas yang kuat dalam pelaksanaannya, dan pada kesempatan ini akan menyampaikan nota pengantar terhadap 2 (dua) buah ranperda yang kami ajukan, yaitu, Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2018-2023, dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan/Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Pekon.

Selanjutnya dilakukan Penandatanganan MoU Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2022 antara Pemkab Tanggamus dengan DPRD Tanggamus. (*)

LEAVE A REPLY