Dinkes Minta Warga Waspadai Virus Flu Burung

0
226

Dinkes Minta Warga Waspadai Virus Flu Burung

id
humas dinkes asih, virus flu burung, ayam mati

Dinkes Minta Warga Waspadai Virus Flu Burung  Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Asih Hendrastuti (FOTO:ANTARA Lampung/Ist)

…Hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah segera lapor ke aparat setempat bila menemukan unggas mati, kata Asih…

BandarLampung (ANTARA Lampung) – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung meminta warga daerah setempat untuk mewaspadai virus H5N1/Avian Influenza menyusul adanya pasien yang dinyatakan `suspect` flu burung.
"Hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah segera lapor ke aparat setempat bila menemukan unggas mati," kata Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Asih Hendrastuti, di Bandarlampung, Senin.
Selanjutnya, kata dia, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah kontak dengan unggas mati serta segera membersihkan diri dan pakaian yang digunakan juga dibersihkan.
Kemudian, segera lapor dengan petugas kesehatan terdekat bila ditemukan seseorang dengan keluhan menderita infeksi saluran respiratorik atas dengan gejala demam, batuk dan atau sakit tenggorokan, sesak napas dengan salah satu keadaan di bawah ini dalam 7 hari sebelum timbul gejala klinis.
Di sisi lain, menurutnya, virus dapat terjadi jika kontak erat dengan pasien suspect, probable, atau confirmed seperti merawat, berbicara atau bersentuhan dalam jarak kurang lebih satu meter.
Selain itu, mengunjungi peternakan yang sedang berjangkit KLB flu burung. Riwayat kontak dengan unggas, bangkai, kotoran unggas, atau produk mentah lainnya di daerah yang satu bulan terakhir telah terjangkit flu burung pada unggas, atau adanya kasus pada manusia yang `confirmed`.
Bekerja pada suatu laboratorium yang sedang memproses spesimen manusia atau binatang yang dicurigai menderita flu burung dalam satu bulan terakhir.
"Memakan atau mengkonsumsi produk unggas mentah atau kurang dimasak matang di daerah diduga ada infeksi H5N1 pada hewan atau manusia dalam satu bulan sebelumnya, juga dapat menyebabkan terjangkit virus tersebut," tambahnya.(Ant)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Tweets by @antaralampung

LEAVE A REPLY