Dinas Perdagangan Tanggamus Gelar Pembinaan Pengelolaa Pasar Tradisional

0
19

Tanggamus, Lampungsai.com – Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Tanggamus menggelar Pembinaan Pengelola Pasar Tradisional tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut, di isi dengan pemateri dari paraktisi Universitas Bandar Lampung (UBL) Defrizal.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Islamic Centre Kota Agung Tanggamus, Rabu 08 Agustus 2018, di ikuti peserta  dari kalangan pihak pengelola pasar Tradisional se-Tanggamus, unsur pedagang pasar setempat serta satuan pelaksana pelayanan pasar (Satlak) pasar Pemda Tanggamus, pengurus atau pengelola pasar Pekon,  pedagang pasar Pekon serta Forum pasar.

Kepala Disdag Kabupaten Tanggamus Zulfadli, menyampaikan, pembinaan pengelolaan pasar tradisional tersebut, dilakukan dalam rangka meningkatkan profesionalisme pengelolaan pasar tradisional, utamanya kualitas sumber daya manusia yang mengelola pasar.

“Peran pasar tradisional strategis dalam peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja, karenanya diperlukan upaya-upaya dalam rangka peningkatan daya saing pasar tradisional. Yang mana saat ini di beberapa daerah juga di Tanggamus, indentik dengan sebuah lokasi perdagangan yang kumuh, semrawut, kotor dan sumber kemacetan lalu lintas,”ujarnya.

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Disdag, Mulyadi menyebutkan, maksud dan tujuan pembinaan pengelola pasar tradisional. Merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus terhadap masyarakat terutama pengelola pasar Pemerintah dan pasar Pekon serta para pedagang.

Pembinaan ini guna mengoptimalisasi pengelolaan pasar yang memenuhi standar kualitas pasar tradisional, serta pemberdayaan dalam pengelolaan operasional. Kemudian juga pengembangan pasar tradisional dalam rangka mewujudkan pasar yang dikelola secara profesional.

Mulyadi menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu 08 Agustus di aula Islamic Centre kemudian dilanjutkan di aula Serumpun Padi, Gisting pada Kamis 09 Agustus 2018.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah nomor : 3.06.01.15.05.5.2 tanggal 02 Januari 2018. Kemudian, juga berdasarkan peraturan Presiden nomor 112 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan  pasar tradisional, pusat belanja dan toko moderen,”jelasnya. (Rilis/Budi WM)

LEAVE A REPLY