Di Tanggamus Banyak Lampu Jalan Liar, PLN ULP Talang Padaang Akan Tertibkan

0
202
Tim PLN ULP Talang Padang, foto bersama dengan perangkat pekon usai sosialisasi./tim

Tanggamus, Lampungsai.com – Di Tanggamus banyak dijumpai penerangan (lampu) jalan liar yang menempel di tiang listrik PLN dan mengambil (Curi Setrum) pada tiang listrik PLN tersebut. Atas hal ini, PLN ULP Talang Padang akan melakukan penertiban, yang lebih awal di gelarnya sosialisasi penertiban lampu jalan, kepada perangkat Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus. Kamis 18 Juli 2019.

Hadir dalam sosialisasi, Pj Kakon Gisting Atas, Eko Didi Armadi, segenap perangkat Pekon dan masyarakat setempat.

Dalam sosialisasi, Arif Nurdianto selaku Spv TE PLN ULP Talang Padang, mewakili Manager PLN Danny AD, menjelaskan tentang lampu jalan liar yang dipasang secara swadaya masyarakat.

Lampu jalan liar adalah lampu jalan yang terpasang di tiang PLN dan mengambil setrum dari PLN dan tidak terdaftar serta tidak berizin dari Dinas Perhubungan setempat. Hal ini yang dapat menimbulkan kerugian pihak PLN.

Maka dari itu, PLN ULP Talang Padang yang memiliki wilayah kerja di 9 Kecamatan Se-Kabupaten Tanggamus, akan melaksanakan penertiban lampu jalan liar tersebut.

Masih kata Arif, tim penertiban akan menyisiri di 9 Kecamatan, dimulai dari Kecamatan Gisting, Sumberjo, Ulu Belu, Kecamatan Air Naningan, Pulau Panggung, Talang Padang,  Gunung Alip, Kecamatan Pugung dan Kecamatan Bulog.

“Sosialisasi ini dilakukan guna meminimalisir gejolak dari warga setempat. Maka mewakili Manager PLN ULP Talang Padang, melaksanakan sosialisasi kepada Pekon-pekon yang ada tersebut. kKranya, melalui perangkat Pekon nantinya dapat menjelaskan kepada warganya, seperti apa itu lampu jalan legal dan ilegal,”ungkapnya.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa Perangkat Pekon (Kadus) mempertanyakan tentang lampu jalan, salah satunya di utarakab oleh Kepala Dusun (Kadus) XII, Sujarwo.

Dirinya mempertanyakan, jika ingin memasang lampu jalan itu harus izin kemana dan harus seperti apa prosedurnya?.

Staf TE PLN ULP Talang Padang, Dimas Galih menjawab, bahwa lampu jalan itu kewenangan dari Pemkab setempat yaitu Dinas Perhubungan, dan untuk memiliki lampu jalan, cukup mengajukan proposal ke Dinas Perhubungan setempat.

“Ajukan saja proposal ke Dishub Tanggamus, agar lampu jalan tersebut tidak termasuk katagori lampu jalan ilegal,”kata Dimas.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi disambut baik oleh Pj Kakon Gisting Atas, Eko Didi Armadi. Menurutnya, langkah sosialisasi ini adalah langkah yang tepat. Untuk penertiban lampu jalan seperti ini adalah kewenangan pihak PLN.

Maka dari itu mengundang pihak PLN untuk mensosialisasikan penertiban lampu jalan kepada tokoh masyarakat dan para Kadus, agar pada pelaksanaan penertiban lampu jalan tersebut tidak terjadi benturan dengan warga.(Tim/Budi WM)

LEAVE A REPLY