Dasawisma Merupakan Bagian Penting Dari Peran Wanita Membangun Daerah Membantu Pemerintah

0
31

Lampungsai.com, Kota Metro – Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin menyebut kader Dasawisma sebagai mitra kerja pemerintah memiliki peran penting untuk memantau dan menjangkau masyarakat hingga tingkat terbawah.

Wahdi mengatakan, satu kader Dasawisma bertugas memantau dan memberikan edukasi kepada 10 sampai 20 rumah disetiap lingkunganya. Karena itu, Dasawisma juga memiliki peran penting dalam memantau masyarakat.

“Bayangkan saja, satu kader Dasawisma bertugas memantau dan memberikan edukasi pada 10 sampai 20 rumah. Jika mereka bekerja dengan baik, maka program pemerintah akan sampai ke masyarakat,” kata Wahdi usai menghadiri jambore Dasawisma di TMII, Kelurahan Banjarsari, Metro Utara, Selasa (28/5).

“Ini yang namanya ekosistem. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, peran aktif dari semua pihak juga dibutuhkan. Ekosistem ini yang harus kita jaga agar Metro makin baik kedepanya,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut dia, para kader Dasawisma juga akan melaporkan kondisi warga yang ia pantau seperti jika ada warga kurang mampu, sakit dan lainya.

“Kemudian, ketika ada masyarakat yang kurang mampu atau sakit mereka juga laporkan. Maka itu peranan Dasawisma ini penting untuk menyampaikan program pemerintah ke masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Metro, Silfia Naharani Wahdi menambahkan, Dasawisma merupakan ujung tombak PKK sebagai dalam menyukseskan program pemerintah, penurunan stunting, kesehatan dan lainya.

“Dasawisma itu memberikan edukasi kepada masyarakat tetang program pemerintah. Jadi pemantauanya bisa lebih cepat. Jadi ibaratnya Dasawisma bersama lkk yang lain itu tim suksesnya pemerintah,” ucapnya. (Adv)

LEAVE A REPLY