Cegah Penyebaran Penyakit Hewan Ternak Sapi, Pemkab Lampung Tengah Berikan Suntik Sapi Gratis

0
39

Lampung Tengah, Lampungsai.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, miliki program peningkatan populasi hewan ternak sapi. Dalam hal ini, Pemerintah setempat, merealisasikannya guna meningkatkan populasi sapi tersebut dengan dengan melakukan suntik vitamin dan Antibiotik secara gratis terhadap sapi.

kegiatan suntik vitamin dan antibiotik sapi tersebut, dilangsungkan di Kampung Negeri Kepayungan, Kecamatan Pubian, Kabupaten setempat. Senin, 14 Januari 2019.

Hadir langsung dalam agenda tersebut, Bupati Loekman Djoyosoemarto didampini jajaran bersama Wakil Ketua DPRD setempat, Raden Sugiri.

Dalam kesempatan itu, Bupati Loekman Doyosoemarto mengatakan bahwa,  pemberian suntik  vitamin dan antibiotik pada sapi di Kampung Negeri Kepayungan, merupakan salah satu Program Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan setempat dan diberikan secara gratis.

Suntik gratis untuk  hewan ternak khususnya sapi yang dilakukan oleh petugas Dinas Peternakan dan Perkebunan ini, untuk pemeliharaan dan pencegahan penyakit menular ternak atau virus, yang dapat mengakibatkan kematian pada sapi. Artinya untuk menjaga kesehatan hewan ternak sapi.

“Maka itu, diminta juga kepada para peternak, khususnya di Kampung Negeri Kepayungan, untuk dapat menjaga kebersihan kandang. Karena penyebaran penyakit di sebabkan oleh kurangnya kepedulian warga terhadap kebersihan hewan ternak,”katanya.

Masih kata Bupati, dan kepada Petugas dari Dinas Peternakan Dan Perkebunan, diminta untuk dapat melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang ternak warga .
Perlu disampaikan juga bahwa, program suntik vitamin dan antibiotik ini sangat perlu dilakukan, mengingat jumlah populasi sapi bali, di Kecamtan Pubian cukup banyak, maka hal ini penting, dengan tujuan untuk mengantisipasi perubahan cuaca dan penyebaran penyakit jembrana serta mensosislisasikan cara beternak yang baik.(Adv)

LEAVE A REPLY