Bupati Tanggamus Pimpin Coaching Clinic Penguatan SAKIP di Kemenpan RB  

0
95

Jakarta, Lampungsai.com – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, didampingi Sekda Hamid Heriansyah Lubis, memimpin jajaran Pemkab Tanggamus untuk mengikuti Coaching Clinic Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), di Jakarta. Rabu, 26 Juni 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Bone Kantor Kemenpan-RB ini, dihadiri oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan M. Yusuf Ateh, AK, MBA., Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan kebijakan dan Evaluasi RBKUNWAS II yang juga bertindak sebagai Narasumber, serta Narasumber lainnya yakni Dra. Nadimah, MBA., Dra. Endang Purwaningsih, MAP., dan Novan Kharisma Salainti, SH.

Dalam sambutannya Deputi M. Yusuf Ateh, menyampaikan, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau disingkat dengan SAKIP tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang didalamnya menyebutkan SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Ia melanjutkan, tujuan Sistem AKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya. Sedangkan sasaran dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel, sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya, terwujudnya transparansi instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional dan terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Kabupaten Tanggamus harus mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang ada, efisiensi dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana seluruh jajaran ini merubah mainset-nya, karena itu semua tidaklah mudah.  Perlu proses, kemauan dan motivasi tinggi, sehingga kedepan betul-betul anggaran yang ada terserap dengan baik. Tetapi bukan hanya penyerapan anggarannya, melainkan bagaimana anggaran yang ada dapat bermanfaat bagi masyarakat, sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang tepat sasaran,” pungkasnya.

Sementara Bupati Dewi Handajani, menyampaikan bahwa kunjungan Kabupaten Tanggamus ke Kemenpan RB ini adalah agar masing-masing OPD di Tanggamus, kedepan bisa meningkatkan kinerjanya. Khususnya untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masing-masing OPD, serta menggerakkan jajaran dibawahnya.

“Seperti apa yang telah disampaikan Bapak Deputi tadi, jadi kita harus mulai dari perencanaan, harus tahu apa yang menjadi target kita, keberadaan organisasi itu apa, kemudian diuraikan dengan kegiatan-kegiatan. Tidak hanya agar terserap anggarannya, tapi bagaimana anggaran tersebut memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Beliau juga meminta kepada OPD yang mengikuti kegiatan tersebut untuk dapat mengevaluasi program yang direncanakan agar lebih baik kedepannya. “Jadi harapan saya dengan kegiatan ini, yang akan diikuti oleh seluruh jajaran OPD. Tentunya ini akan menjadi upaya evaluasi juga dari program-program yang telah kita rencanakan, apakah memang sudah sesuai atau memang ada perbaikan,” ujarnya.

Bupati juga berharap agar capaian penilaian SAKIP Kabupaten Tanggamus kedepan dapat meningkat dari Predikat CC menjadi BB. “Kalau saat ini Kabupaten Tanggamus baru sampai pada rapor CC, saya berharap dengan kegiatan yang kita laksanakan ini, untuk kedepan kita dapat meningkatkan grade (nilai) kita, sehingga bisa mendapat Predikat BB, artinya sebagai indikator bahwa kinerja kita lebih baik. Kemudian kegiatan yang kita laksanakan itu lebih mengena pada sasarannya dan ada manfaatnya. Selain itu juga tentu akan ada evaluasi efisiensi, sehingga tidak ada pemborosan anggaran dan tidak ada lagi kegiatan yang sifatnya duplikasi saja, sehingga hanya copypaste dari kegiatan sebelumnya. Saya berharap jajaran yang ada di Pemkab Tanggamus dapat memberikan kinerja yang terbaik dengan memanfaatkan anggaran yang ada dengan maksimal, dan sebesar-besarnya bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Bupati.

Selanjutnya dari kegiatan pada hari ini, akan dilakukan coaching oleh Tim Kemenpan RB kepada OPD-OPD Pemkab Tanggamus, selama dua hari kedepan.

Adapun OPD-OPD yang mengikuti coaching yakni ; Bappelitbang, Dinas Pangan dan Pertanian, Inspektorat, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Disnaker, Dinas Pariwisata, Dinas PPA dan KB, BPMPTSP, BKPSDM, Dinas Koperasi, Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Bidang Administrasi Firman Rani, Inspektur Faturrahman dan para Kepala OPD peserta coaching beserta jajaran. (Budi WM/Kominfo)

LEAVE A REPLY