Bupati Tanggamus Harap Petani Sejahtera Dengan Capaian Produktivitas Meningkat

0
425

Tanggamus, Lampungsai.com – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani hadiri pelaksanaan penyerahan alat dan mesin pertanian kepada kelompok Tani di lingkungan kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus. Selasa, 07 Januari 2020.

Turut hadir dalam Pelaksanaan tersebut, 176 peserta undangan terdiri dari Perwakilan Kelompok Tani Se Tanggamus, dan Pegawai dinas Pangan dan pertanian.

Adapun penyerahan alat dan mesin pertanian tersebut, Hand Traktor, Cultivator, Pompa air Besar, Pompa air Kecil, Corn Sheller, Hand Sprayer serta perangkat uji tanah sawah.

Dalam penjelasan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Catur Agus Dewanto bahwa, dalam pelaksanaan tersebut akan meningkatkan produksi pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional dan peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Tanggamus.

“Kabupaten Tanggamus mempunyai luas lahan keseluruhan – + 20.713 yang tersebar di 20 Kecamatan,” jelasnya.

“Dalam upaya bersama yang di lakukan untuk meningkatkan Produktivitas pertanian melalui, Pengelolaan lahan, Penggunaan benih unggul, pemupukan berimbang dan didukung dengan penggunaan alat mesin pertanian,”lanjutnya.

Masih penjelasan Catur, di tahun 2020 ini akan di terbitkannya kartu dari kementrian dan akan di data keseluruhan petani yang ada di kecamatan, seperti Kartu Pertanian Berjaya (KPB), kartu biring sistem untuk pupuk subsidi, Kartu Petani yang berguna untuk mendapatkan Credit yang bisa memfasilitasi petani dalam melaksanakan pertanian di Kabupaten Tanggamus.

“Terakhir Kementrian SL dateng itu ada KUR 1 Trilyun, untuk Provinsi Lampung. Kita mempunyai perkebunan itu kurang lebih 82.000 H, berdasarkan data Bps tahun 2018,” ujarnya.

dalam satu data yang ada, ke depan namanya KSP sebagai konsultan komando strategi pertanian, itu ada di tingkat kecamatan pendataan mulai dari data petani sampai Nik address nya kita rekam. “Yang sudah berjalan Insyaallah di 2020 terekam semua lebih dari 10000 petani khusus petani yang ada yang udah 34.000 karena 61%  petani yang ada di Tanggamus usianya masih 15 tahun keatas,” pungkasnya.

Selanjutnya, Dewi Handajani berharap dengan adanya bantuan tersebut akan mendukung perkembangan pertanian yang ada di Kabupaten Tanggamus.

“Ini adalah semangat untuk kita semuanya, kemarin di tahun 2019 dengan kemarau yang panjang tapi formalitas kita Alhamdulillah 5,7 mudah-mudahan di tahun 2020 ini akan meningkat lagi produktivitasnya, tentunya berbagai macam hal – hal yang akan mendukung produktivitas dan upaya – upaya khusus ini akan kita lakukan. Karena kami berharap dan kami sangat yakin petani Sejahtera maka masyarakat Tanggamus akan Sejahtera,” ungkapnya.

Bupati Dewi berharap, di tahun 2020 ini target capaian produktivitas dari 5,6 mencapai 60 meski harus berjalan 5,8.

“Dengan adanya motivasi tadi, mudah -mudahan di tahun 2020 ini akan menambah produktivitas di Kabupaten Tanggamus ini,” pungkasnya. (AJO Indonesia)

LEAVE A REPLY