Bupati Bersama Kapolres Tanggamus Tinjau Lokasi Bencana Lonsong Di Jalinbar

0
83

Tanggamus, Lampungsai.com – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani didampingi Pj Sekkab bersama dengan Kapolres AKBP I Made Rasma, meninjau Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten setempat yang tertimbun longsor. Sabtu 01 Desember 2018.

Selain meninjau, Bupati juga memberikan bantuan logistik dan uang tunai bagi warga sekitar. Salah satunya Miswan (55) yang rumahnya tertimbun longsor.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dewi mengungkapkan, kejadian alam ini merupakan musibah, untuk itu harus lapang dada dalam menghadapinya. Bencana alam tentu tentu tidak dapat diprediksi,  akan tetapi pihak Pemerintah siap siaga dan masyarakat sementara waktu juga harus mengungsi ketempat aman, khususnya pemukiman yang berdekatan dengan tebing/lereng gunung, sebab musim hujan masih terjadi dan tanah juga masih labil.

Di beritahukan juga bahwa, ada sembilan Kecamatan di tetapkan statusnya menjadi tanggap darurat, yakni Kecamatan Pematangsawa, Kecamatan Semaka, Bandarnegerisemuong, Wonosobo, Kotaagung Barat, Cukuhbalak, Limau, Kelumbayan Barat dan Kelumbayan. “Maka kita harus ekstra hati-hati dan waspada,”katanya.

Dikesempatan itu juga, Pj Sekkab Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis, menjelaskan bahwa, masyarakat yang tinggal di dekat tebing Jalinbar Sedayu, sudah diungsikan ketempat yang lebih aman.

Dalam hal ini, Pemkab melalui Dinas Kesehatan telah mendirikan 17 Posko Kesehatan yang tersebar di sembilan Kecamatan yang mejadi wilayah tanggap darurat. Selain itu juga, armada Puskesmas keliling (Pusling) standby 24 jam di Puskesmas terdekat.

“Kami juga sudah menyalurkan 60 paket bantuan bagi warga yang terdampak bencana,”ujarnya. (Rilis/Tim)

LEAVE A REPLY