Belum Jelas Kerja Tim Saber Pungli, Kasi Intel Kejari Ungkap “Pungli Banyak Dilakukan Oknum LSM”

0
665
Suasana Rakor Tim Saber Pungli Kabupaten Tanggamus di ruang rapat utama Setdakab setempat./Budi WM

Tanggamus, Lampungsai.com – Tindak Praktek Pungli kerap terindikasi terjadi dan terang-terangan di tingkat Pekon-Pekon se-Kabupaten Tanggamus. Dugaan Praktek Pungli kerap terjadi di setiap program pemerintahan daerah, provinsi maupun program nasional, salah satunya PKH dan sejenisnya dilakukan oleh para Pendamping, keterlibatan Kepala Pekon dan Ketua Kelompok, tak pernah ada tindak lanjut serius atau manuver (Gerak Tangkas dan Cepat) oleh Tim Saber Pungli setempat.

Baru-baru ini muncul lagi dugaan pungli pembuatan sertifikat tanah prona, dengan tarif cukup bebankan warga miskin. Selain itu, dugaan pungli atas pembuatan identitas kependudukan KTP-E. Hal ini terjadi di beberapa titik Kecamatan setiap Pekonnya.

Adanya dugaan praktek pungli,  pihak penegak hukum (Kepolisian dan Kejaksaan) kabupaten Tanggamus, melulu menunggu laporan resmi dari korban atau warga yang merasa dirugikan, barulah akan bertindak, ini sesuai ungkapan pihak Polres Tanggamus lewat Kabag Ops.

Kondisi ini pun menuai tanya di kalangan publik dan element masyarakat, atas kepercayaannya dalam penegakan hukum, dalam artian belum ada jelas kerja dan fungsi Saber Pungli.

Moment tepat, dalam Rakor Tim Saber Pungli, muncul ungkapan dari pihak Kejaksaan Negeri Tanggamus, mengungkap adanya praktek Pungli di Pekon-Pekon Kabupaten Tanggamus, banyak di lakukan oleh pihak yang mengatas namakan profesi tertentu dan oknum-oknum LSM.

Hal ini di ungkapkan oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanggamus,  atas dasar data saber pungli OTT, yang di beberkan dalam rapat koordinasi Tim Saber Pungli di ruang rapat utama Setda Pemkab Tanggamus, Rabu 14 Maret 2018,

Diketahui, Rapat Koordinasi Satgas Saber Pungli Tahun 2018, di hadiri Satgas saber pungli Forkopimda, Kepala Inspektorat, anggota Kelompok Kerja Tim satgas saber pungli dan Sekretariat Saber pungli Kabupaten Tanggamus.

Dalam rakor, Waka Polres Tanggamus Kompol M. Budi Setuadi selaku ketua satgas Saber Pungli Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu mengatakan,  dalam rapat kali ini, di fokuskan pada pencegahan atas penyimpangan yang terjadi dan selalu untuk berkoordinasi dengan pokja di kelompoknya masing masing instansi.

Hal itu dimaksudkan,  agar bisa dilaksanakan sampai tingkat Kecamatan bahkan sampai ke desa.

“Sebagai Ketua selalu, berkoordinasi kepada inspektorat apa bila di temukan kasus pungli. Di Pekon, Saber Pungli harus bergerak bersama – sama. Jadi artinya dalam kegiatan pokja ini, harus kita buat perencanaan yang matang,”katanya.

Dijelaskan Kompol M.Budi Setuadi, dalam prosedur Saber pungli, masalah pencegahan sekecil apa pun harus di tinggkatkan dan cek serta turun lapangan secara bersama-sama, lihat besar kecilnya. Pada tahun ini, Saber Pungli di buatkan Posko yang jelas, tepatnya di Mapolres di bagian Intel.

Ditambahkan Kepala Inspektorat, Fathurahman, dalam sisi pengaduan dan laporan yang masuk inspektorat, langsung di laporkan pihak polres. Meskipun dalam hal-hal tertentu masih tetap di upayakan untuk di selesaikan dulu di Inspektorat.

Disamping itu juga, masing – masing pokja akan di buatkan panduan kerja agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Agar Kepala Pekon dapat menggunakan anggaran pekon dengan sebaik-baiknya. (Budi WM)

LEAVE A REPLY