Bawaslu RI Rilis Empat Bacaleg 2018 Teridentifikasi Mantan Napi Tipikor

0
812
Ilustrasi./Red Lampungsai.com

Bandar Lampung, Lampungsai.com – Empat Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) Pemilu 2019, asal Provinsi Lampung, merupakan mantan narapidana (napi) Tindak Pidana Korupsi. Ke empat Bacaleg tersebut tertuang dalam data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rabu 25 Juli 2018, yang di rilis  atas hasil identifikasi Bacaleg DPRD, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Dengan jumlah seluruh 193 Bacaleg yang teridentifikasi di 9 Provinsi, 92 Kabupaten dan 11 Kota.

Adapun empat Bacaleg tersebut diantaranya, atas nama Sukono Bacaleg (Partai Demokrat  Kabupaten Lampung Barat), Rusli Isa (Partai Perindo, Lampung Selatan), Al Hazar Shahyan (Partai Gerindra, Kabupaten Tanggamus)  dan Khoiri Jaya (PPP, Kabupaten Tulang Bawang Barat).

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung, Iskado P. Panggar, mengatakan, data tersebut berasal dari seluruh Indonesia. “Untuk Lampung, datanya berasal dari hasil identifikasi yang kita lakukan bersama, berdasarkan pendaftaran ke KPU Provinsi,”kata Iskardo kepada Wartawan,  dilansir Lampungpro.com, Kamis 26 Juli 2018.

Awal Juli 2018, KPU resmi melarang mantan narapidana kasus korupsi ikut pemilihan legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Larangan itu tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 20 tahun mantan napi kasus narkoba dan pelecehan seksual terhadap anak yang tidak boleh ikut pemilihan legislatif.

“Nanti KPU yang akan menetapkan apakah mereka boleh ikut menjadi caleg atau tidak,” kata Iskandar P. Panggar, menjawab Lampungpro.com terkait sah tidaknya mereka mencalonkan diri. (Lpr/Jn/SL/Red)

LEAVE A REPLY