Banyak Wacana! Kini Arinal Djunaidi Akan Jadikan Tanggamus Pilot Project Komoditas Kopi, Lada Dan Peternakkan

0
354

Tanggamus, Lampungsai.com –¬† Kabupaten Tanggamus akan menjadi Pilot Project Pengembangan Komoditas Kopi, Lada dan Peternakan di Provinsi Lampung. Hal itu diketahui pada kunjungan kerja Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ke PT. Pertamina Geothermal (PGE) di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Kamis, 18 Juni 2020.

Turut hadir dan mendamping Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, General Manager PT. PGE Ulubelu Mawardi Agani, Sekdakab Hamid H Lubis serta jajaran Pemkab Tanggamus.

Mengawali kunjungannya, Gubernur mendatangi Rumah Belajar Uji Mutu Kualitas Biji Kopi di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu sekaligus berinteraksi dengan para petani. Lokasi ini merupakan CSR Binaan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu.

Gubernur Lampung memberi motivasi sekaligus membangkitkan semangat para petani kopi dan bersama-sama melakukan perubahan, baik dalam meningkatan produktivitas kopi maupun melakukan diversifikasi pertanian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ulubelu sudah saya putuskan menjadi pilot project didalam pengembangan KPB di sektor perkebunan. Wilayah ini cukup potensial, bisa dikembangkan dan mempunyai daya dukung. Maka akan kita kembangkan agar pendapatan petani lebih meningkat, PAD meningkat dan pengusahanya untung,” jelasnya.

“Saya ingin membangun Lampung. Untuk itu saya berharap ada partisipasi dalam mengembangkan Ulubelu untuk masa depan, menuju Rakyat Lampung Berjaya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal juga menyebutkan Kabupaten Tanggamus juga akan melakukan sinergitas bersama Kabupaten Lampung Barat dalam membuka akses jalan Tanggamus-Lampung Barat.

“Kita ingin membuka akses jalan Tanggamus-Lampung Barat. Mereka agar saling mengisi akan kelebihan kekurangan terhadap potensi yang dimiliki. Inilah konektivitas wilayah yang bisa menumbuhkan ekonomi,” terangnya.

Kemudian terkait kunjungannya ke PT PGE, Gubernur menerangkan bahwa dirinya ingin melihat langsung perkembangan energi panas bumi, serta berkomunikasi  jika terdapat kendala yang dihadapi oleh PT PGE.

“Sesungguhnya pada masa depan energi panas bumi ini merupakan andalan yang mengandung nilai nilai ramah lingkungan, dan sekarang kondisi di Lampung sedang krisis energi.”

Sementara itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan akan berkontribusi penuh dan mendukung dijadikannya Kabupaten Tanggamus sebagai pilot project dari pengembangan komoditas kopi, lada dan juga sektor peternakan.

“Semoga program ini dapat menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus. Berharap, agar melalui program yang ada, produksi para petani bisa meningkat dan Kabupaten Tanggamus tidak hanya dikenal dengan komoditi kopinya saja. Tetapi juga dikenal dengan varian komoditi lainnya termasuk sektor peternakan,”pungkas Bupati. (Kominfo)

LEAVE A REPLY