Apresiasi Dari Tokoh Adat Untuk Logo Pilkada 2024 KPU Lampung Selatan

0
1835

LampungSelatan — Tokoh adat Lampung Selatan dan penggiat budaya, mengapresiasi dan menyambut baik, pemilihan tuping sebagai maskot pilkada 2024 oleh KPU Lampung Selatan, yang baru diluncurkan pada Jumat 31 Mei 2024 lalu, diLapangan Expo Kalianda.
KPU Lampung Selatan memilih Tuping atau dalam bahasa Indonesia Topeng, untuk menjadi maskot Pilkada 2024 di Lampung Selatan, karena Tuping ini sendiri merupakan pemenang dari cipta maskot pilkada 2024.
Dalam acara yang berlangsung meriah dan menghadirkan grup band Tipe -X, serta mengundang Bupati Lampung Selatan, juga forkopimda, serta beberapa tokoh adat yang ada di kabupaten tersebut, juga di hadiri oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Lampung.
Azhar Marzuki selaku tokoh adat yang bergelar Pangikhan Tihang Marga, mengatakan, pemilihan maskot oleh pihak KPU Lampung Selatan telah tepat karena Tuping merupakan salah satu simbol kebudayaan warga Lampung Selatan.
Ia sangat mengapresiasi maskot tuping itu, karena memang salah satu warisan nenek moyang kita yang harus di jaga dan lestarikan.
Ditambahkannya , pemilihan maskot Tuping telah tepat karena hal tersebut membuktikan bahwa KPU Lampung Selatan telang melibatkan kearifan lokal dalam branding pilkada 2024 ,
Hal senada juga dikatakan tokoh adat lainnya Rusli yang bergelar Pangikhan Kesuma Jaya. Ia mengatakan bahwa dirinya mengaku bangga pihak KPU telah memilih Tuping sebagai maskot pilkada KPU 2024.
Selain tokoh adat, sambutan baik juga diungkapkan oleh penggiat budaya Lampung Selatan, Khaja Muda soal pemilihan Tuping sebagai maskot oleh KPU Lamsel.
Menurutnya, tuping yang di era penjajahan merupakan pahlawanan dan pengawalan telah tepat dijadikan maskot, karena KPU sebagai penyelenggara merupakan pengawal suksesnya pilkada 2024 mendatang.
Tuping ini dulunya adalah pengawalan perjuagan, dan sekarang ketika ada acara adat tuping itu mengawal, pengantin salah satunya.
Menurutnya Tuping cocok untuk menjadi maskot KPU Lamsel, karena KPU ini mengawal suksesnya pilkada serta mengawal Lampung Selatan jadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY