Aparat Pekon Tahan Buku Rekening Penerima BLT DD, Pihak Bank Nyatakan Bisa Diwakilkan Pencairannya

0
786

Tanggamus, Lampungsai.com – Warga penerima BLT DD Covid – 19, Pekon Campang Tiga, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, belum bisa mencairkan. Warga penerima kecewa terhadap pihak perangkat Pekon, terkait hal ini selalu memberikan berbagai alasan. Jumat,26 Juni 2020.

Dikatakan Sri Yunani (39) bahwa, penerima BLT DD di Pekon Campang Tiga, menurut perangkat Pekon, pencairan BLT DD Covid19 tidak bisa diwakilkan dan disuruh cepat pulang. Karena dana bisa dibalikin ke Desa. Sementara tempat saya kerja dijakarta, masih zona merah, tidak mungkin saya bisa pulang.

“Katanya tidak bisa diwakilkan suruh secepetnya pulang, kalau tidak bisa, dananya dibalikin ke desa,”kata Sri Yunani ,menirukan ucapan perangkat Pekon setempat.

Sementara Arin (19) anak dari Sri Yunani mengatakan, pagi tadi (Jumat, 26/06/20), para penerima dikumpulkan dan buku rekeningnya belum dikasihin, menurut pihak Pekon, harus orang yang bersangkutan untuk tanda tangan.

Sampai saat ini buku rekening masih di pegang pihak Pekon, karena akan dikonsultasikan ke pihak Bank termasuk nama ibu saya Sri Yunani terdaftar sebagai penerima BLT DD covid-19, nomor 82.

“Saya sempat bertanya bisa tidak jika pakai surat kuasa atau tanda tangannya diwakilkan, setelah itu baru dikabarin lagi, karena aka dikonsultasikan dulu,”cerita Arin menirukan.

Dilain pihak, Kepala Unit Bank BRI Kotaagung, Wawan menyampaikan bahwa, pengambilan tersebut bisa dikuasai oleh anaknya dengan cara Pemberi kuasa harus menandatangi surat kuasa diatas materai.

“Bisa di kuasakan ke anaknya, dengan membuat surat kuasa bermaterai diketahui Kepala Pekon, di lampiri dengan foto copy KTP pemberi dan penerima kuasa plus foto copy KK,”jelas Wawan saat dikonfirmasi Tim AJO Indonesia melalui Via WatshApp.

Wawan juga menerangkan, format surat kuasa ada di BRI, pembuat surat kuasa adalah yang memberi kuasa bukan penerima aparat Pekon. Jadi kalo pemberi kuasa ada di pulau jawa, maka surat kuasa suruh dikirimkan dulu ke jawa dan di tanda tangani pemberi kuasa.

“Jika penerima ingin format kuasa dirinya mempersilahkan agar datang ke BRI. Yang berkepentingan suruh aja kekantor, formatnya ada di komputer customer service,”ungkap Wawan.

Menanggapi proses pembagian buku rekening yang terjadi di Pekon Campang Tiga, Sekretaris PMD Kabupate Tanggamus, Suyanto mengungkapkan, sepanjang yang bersangkutan terdaftar sebagai penerima dana BLT DD tidak hilang. Hanya karena penyalurannya non tunai melalui buku rekening bank, pendekatannya NIK, tentu harus segera diurus agar dananya segera bisa ditransfer ke rekening yang bersangkutan tadi.

“Kalau rekening dan kartu ATM sudah jadi, pengambilan dana BLT DD bisa berwakil,”kata Suyanto Sekretaris PMD Kabupaten Tanggamus.melalui via Whattsappnya.

Dan sampai berita ini ditayangkan pihak Pekon belum bisa dikonfirmasi,Sekdes Pekon setempat ,belum juga balas konfirmasi via WhatsApp dari awak media yang tergabung. (AJO Indonesia)

LEAVE A REPLY