Antisipasi Over Kapasitas, Kakanwil Kemenkumham Lampung Akan Dirikan Lapas Baru

0
587

Kalianda,Lampungsai.com– Guna mengantisipasi over kapasitas warga binaan pemasyarakatan (WBP), yang ada di Lampung, Kantor Wilayah(Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Lampung akan mendirikan lapas baru.

Kakanwil Kemenkumham Lampung, Kalapas Klas IIa Kalianda, Dan Pejabat Dilingkungan Kemenkumham Saat Acara Safari Ramadhan 1438H (foto: Gelly)

Seperti dikatakan Kakanwil Kemenkumham Bambang Hariyono saat mengadakan safari ramadhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIa kalianda, Selasa (6/6/2017) bahwa untuk menekan over kapasitas yang ada di lapas maka sudah disiapkan rencana pemabangunan lapas baru yang bertempat di Krui.

“Kita sudah merencanakan untuk membuat lapas baru, tanah dan proses lainnya sudah berjalan, yang berlokasi di Krui, hal ini tentu akan dapat membantu lapas lainnya untuk menekan over kapasitas yang ada, atau paling tidaknya mengurangi, karena untuk lapas yang sudah sangat over nantinya bisa mengirim WBP nya kesana,”ujarnya.

Selain itu untuk mencegah agar kerusuhan terjadi di lapas, tentunya pendekatan secara manusiawi sangat ditekankan di lapas.

“Lapas yang ada di Lampung, insa alloh sudah menerapkan itu dan saya jamin tidak akan ada kerusuhan seperti yang terjadi di Riau beberapa waktu lalu, dan saya lihat lapas Klas IIa Kalianda sangat kondusif, karena tentunya penerapan memanusiakan manusia sudah di laksanakan di lapas ini,” tambahnya.

Kepala Lapas Klas IIa Muklis Adjie di tempat yang sama menambahkan bahwa memang untuk menekan over kapasitas pihaknya sudah mengirimkan 210 WBP ke lapas lain yang ada di Lampung pada bulan Mei lalu.

“Untuk menjaga keadaan lapas agar para penghuninya merasa nyaman dan kondusif, kita memang sudah mengirimkan sebagian sebagian WBP ke lapas lainnya, selain menerapkan cara yaitu memanusiakan manusia, karena walaupun mereka narapidana tetapi hak-hak mereka sebagai manusia juga tetap ada,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut selain kakanwil kemenkumham propinsi Lampung beserta jajarannya, dan dari pihak Lapas klas IIa kalianda, tampak Kepala imigrasi klas III kalianda, beserta jajaran, Karutan Bandar Lampung,Ka. LPKA Pesawaran,Kabapas Bandar Lampung,Kalapas Kota Agung,Wakil dari Kalapas Rajabasa dan Wakil Kalapas Metro serta beberapa undangan yang hadir dan WBP Lapas klas IIa Kalianda. (Gelly)

LEAVE A REPLY