AJO INDONESIA & SUPER APPS BETTER INDONESIA

0
238
Ketum DPP AJO Indonesia, Rival Achmad Labbaika (berkacamata) bersama dengan Dewan kehormatan AJO Indonesia, Moeldoko./Red

Penulis :Rival Achmad Labbaika (Ketua Umum DPP AJO Indonesia)

Lampungsai.com – Keberadaan Aliansi Jurnalistik (AJO) Indonesia, membangun sindikasi media online di Indonesia dalam satu Aplikasi Super (Super Apps) bernama “BETTER Indonesia”.

Saat ini,  lebih kurang ada sekitar 43.000 ribu lebih media online di Indonesia, yang update informasi selama 24 jam.

Sayangnya, apa yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan apa yang telah dikerjakan. Masih kalah jauh dengan media-media mainstream.

Fenomena ini melandasi ide dan gagasan awal AJO Indonesia membuat “Super Apps BETTER Indonesia”.  Aplikasi super ini mencakup perkuatan kapasitas media, mulai dari tata kelola keredaksian, kompetensi wartawan, hingga menyoal pada kesejahteraan awak media.

Jika media mainstream memiliki wartawan di seluruh Indonesia, maka AJO INDONESIA memiliki media yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Di “Better Indonesia”, semua konten berita media anggota “AJO INDONESIA” akan diagregasi dan dikurasi untuk mengantisipasi berita hoaks. Dan “AJO INDONESIA” memiliki komitmen untuk memerangi hoaks, fake news dan yellow journalism. Terlebih pada tahun-tahun politik saat ini dan tahun depan.

Super Apps BETTER Indonesia merupakan pembeda dari “AJO INDONESIA” dari organisasi atau sindikasi media yang telah ada. Nantinya, di dalam aplikasi tersebut media anggota AJO INDONESIA akan dibekali tentang konsep digital marketing dan “SEO Google” yang akan dibangun.

Ini merubah paradigma konvensional media selama ini dalam menghasilkan pemasukan. (Tim)

LEAVE A REPLY