Adjpani : Pembauran Kebangsaan Bagian Penting Kerukunan Bangsa

0
109

Tanggamus, Lampungsai.com – Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanggamus Adjpani mewakili Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, membuka secara resmi kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Tanggamus, di Aula Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting. Rabu, 11 September 2019.

Dalam membacakan sambutan Bupati Kepala Kantor mengatakan Pembauran Kebangsaan ini merupakan Bagian penting dari Kerukunan Nasional yang akan memperkokoh Integritas Bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya Kabupaten Tanggamus.

Tugas dan kewajiban Pemerintah Daerah terkait dengan FPK ini adalah membina dan memelihara ketentraman, ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman gangguan keamanan didaerah akibat persoalan etnis dan suku bangsa.

“Oleh karena itu, wawasan dan pengetahuan yang dipelopori agar dapat disebarluaskan kepada masyarakat dilingkungan masing-masing sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik,”katanya.

Sementara itu, berdasarkan Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kasi Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan, Putri Mayang Sari, menyampaikan bahwa, maksud dan tujuan kegiatan ini agar terciptanya suasana keharmonisan antar etnis dan dipahami bagaimana pentingnya tentang Pembauran Kebangsaan, membina keselarasan antar etnis di Kabupaten Tanggamus.

Tentunya untuk mengantisipasi terjadinya rasisme, sukuisme, dan ethnosentrisme, membina persatuan dan kesatuan antar Etnis untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan Pembauran Kebangsaan di masyarakat kabupaten Tanggamus.

Untuk Peserta kegiatan berasal dari siswa siswi kelas VIII dan IX perwakilan dari SMP Negeri 1 Gisting, MTS Mathlaul Anwar Gisting, SMP Muhammadiyah Gisting,MTS MA Gisting dan SMP Xaverius Gisting. Yang melatar belakangi kesukuan (Lampung, Jawa, Sunda, Semendo,Tionghua dan lain lain).

Hadir dalam kegiatan Kasat Intelkam AKP. Samsuri, Kasdim 0424 Tanggamus Mayor Infantri Suhada Erwin, jajaran Kantor Kesbang Pol Tanggamus.(Kominfo/Budi WM)

LEAVE A REPLY