Kakon Campang Tiga Suyadi Klaim Tanah Warga, LSM LIPAN Laporkan Ke Bupati

0
494

Tanggamus, Lampungsai.com – Bantu warga Pekon Campang Tiga, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, atas nama Hartono. LSM LIPAN DPD Kabupaten setempat, layangkan surat resmi (laporan) kepada Bupati. Selasa, 31 Maret 2020.

Laporan tersebut tindaklanjut sengketa kepemilikan tanah milik Hartono yang di Klaim Kepala Pekon Campang Tiga, Suyadi dibangun lapangan Bola menggunakan dana desa.

Ketua LSM LIPAN DPD Tanggamus, Musanif Amran mengungkapkan, sebagaimana surat laporan yang diajukan kepada Bupati dengan No:131/DPD-LIPAN/TGM/III/2020, bahwa permasalahan dugaan klaim hak atas tanah milik Hartono,diduga  ada kerjasama antara Suyadi dan Koko (anak kandung Suyadi) dengan dalih pasal 3 disurat perjanjian tersebut, untuk mengambil, menguasai dan dijadikan hak mutlaknya pribadi yang diketahui tanah dimaksud masih berstatus milik Hartono.

“Disini baru ada surat perjanjian pembayaran dengan tanda jadi Rp20 Juta dan belum ada surat jual beli antara Hartono dan Koko (anak kandung Suyadi). Perbuatan Kepala Pekon Suyadi dianggap meresahkan dan  merugikan Kelompok Masyarakat di Pekon Campang Tiga, khususnya Hartono,”kata Musanif.

Musanif menjelaskan, berdasarkan UU No: 06 tahun 2014 tentang Desa, Bab V  tentang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, pasal 29, Suyadi Kepala Pekon Campang Tiga diduga telah melanggar dan mengabaikan UU tersebut yakni Kepala Desa dilarang:
1.Merugikan kepentingan umum.
2.Membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri,anggota keluarga pihak lain atau golongan tertentu.
3.Melakukan tindakan diskriminatif terhadap warga atau golongan masyarakat tertentu.
4.melakukan tindakan meresahkan sekelompok masyarakat desa

Sementara di pasal 76 no.6, bangunan milik desa harus dilengkapi dengan bukti status kepemilikan dan tata usahakan secara tertib. “Maka itu, kami dari LSM LIPAN Tanggamus berharap Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda Tanggamus, segera menindaklanjuti masalah yang ada di Pekon Campang Tiga, Kecamatan Kotaagung,”ungkapnya. (AJO Indonesia/Budi WM)

LEAVE A REPLY