15 Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Tanggamus Dilantik

0
73

Tanggamus – Ketua Tim Penggerak PKK Sri Nilawati Syafi’i, melantik 15 Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se- Kabupaten Tanggamus ,bertempat di Gedung PKK.Rabu 20 Maret 2019 siang.

Hadir dalam kesempatan ini Bupati Tanggamus yang diwakili oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi AM. Syafii , Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Nuraini Lubis, ,Para Camat Se-Kabupaten Tanggamus,serta para Pengurus Tim Penggerak PKK se Tanggamus.

Pelantikan sendiri didasari oleh Keputusan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Nomor: 01/KEP/PKK.KAB.TGM/III/2019 Tentang mengangkat dan memberhentikan 15 ketua tim penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Tanggamus. Serta keputusan kementerian dalam negeri dan otonomi nomor 53 tahun 2000 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga ditetapkan bahwa ketua tim penggerak PKK di tingkat kecamatan adalah istri dari camat.

Adapun nama-nama yang dilantik diantaranya, Desmi Indah Agustam sebagai ketua tim penggerak PKK Kecamatan Pulau Panggung, Febriyani  Firdaus Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Kotaagung Timur, Heryanti Muhaimin sebagai Ketua Penggerak PKK Kotaagung Barat, serta Ketua di 20 Kecamatan di Kabupaten Tanggamus.

Dalam Sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafii mengatakan, Kepada yang telah dilantik dirinya mengharapkan kepada ketua tim penggerak PKK Kecamatan yang telah dilantik, agar menyusun program kerja yang hendak dijalankan, pelajari aturan-aturan yang terkait dengan pedoman kerja dan selalu mengutamakan Kader – kader PKK di desa dalam membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat serta memajukan daerah.

Posisi dan peranan PKK adalah gerakan yang dilaksanakan secara nasional sejak 27 desember 1972 telah mendapatkan pengakuan, oleh karena itu perlu terus kita laksanakan dan tingkatkan dalam rangka memantapkan dan menyempurnakan kebijakan pengelolaan PKK kedepan.

” Saya juga berharap peranan ketua TP. PKK dan anggota PKK Kecamatan untuk dapat turun langsung ke Pekon – Pekon melihat kondisi dan keberadaan TP PKK di pekon yang ada di wilayah masing-masing. Selain itu keberadaan kelompok PKK dan dasar wisma perlu juga menjadi perhatian, karena dasawarsa adalah unit terdepan dalam PKK, jika dasawisma berfungsi dengan baik maka kita akan mendapatkan data-data keluarga yang akurat, dan sebagai sarana masyarakat untuk melaksanakan kegiatan dan berinteraksi secara langsung dengan anggota kelompok dasawismanya,”Jelasnya.

Lanjut beliau, kepada seluruh ketua tim penggerak Pkk kecamatan agar membentuk dan menghidupkan kembali dasawisma serta dapat meningkatkan penyuluhan baik yg sifatnya umum maupun pelaksana 10 program pokok PKk lainnya.

Sementara dalam arahan Bupati Tanggamus yg diwakilkan kepada Wabup AM. Syafi’i,S.Ag., mengatakan bahwa Pkk sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK adalah gerakan yg muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya. Tujuan utama gerakan Pkk adalah mewujudkan keluarga sejahtera ,yaitu keluarga yg mampu menciptakan keselarasan ,keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

Untuk itu, kepada ketua TP PKK Kecamatan saya minta agar dapat membuat kegiatan Pkk di tingkat Kecamatan dan pekon yaitu agar dapat lebih terarah dan menyentuh berbagai kepentingan keluarga dan masyarakat.

Lanjut Wabup, bahwa tugas lain dari ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yaitu terus memotivasi ,membimbing dan membina TP PKK pekon beserta para kadernya sehingga lebih berdaya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya karena TP PKK Pekon merupakan unit Pkk yg langsung bersentuhan dengan masyarakat ditingkat pekon.

Ketua TP PKK Kecamatan juga cukup berat karena harus berbagi tugas selain ibu rumah tangga juga sebagai istri dari pejabat  pemerintah dalam hal ini sebagai istri camat. Yakni mendampingi tugas suami selaku kepala pemerintahan di Kecamatan  merupakan tugas yg melekat pada ibu-ibu sekalian serta memotivasi dan memberi dorongan dan terkadang turut serta dalam tugas sosial kemasyarakatan suami selaku camat,Ucapnya”.(Kominfo )

LEAVE A REPLY