14 Desember 2020 Pilkades Antar Waktu Kadis PMD Mesuji Pastikan Tidak Ada Intervensi

0
445

Mesuji, Lampungsai.com – 14 Desember 2020 mendatang, akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu di dua Desa diantaranya Desa Wira Bangun, Kecamatan Simpang Pematang dan Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji. Dalam prosesnya, telah di persiapkan secara matang sesuai aturan terkait.

Disampaikan Kepala Dinas PMD, Sunardi Sukau bahwa mekanisme serta aturanĀ  dalam pelaksanaan Pemilihan antar waktu (PAW), diawali tahapan-tahapan yang telah dilakukan. Diantaranya pembentukan Panitia Pemilihan yang berkewenangan membentuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Selanjutnya, panitia tersebut berkewenangan dan bertanggungjawab penuh dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa tersebut. Dimulai dari persiapan, pembukaan, penerimaan, penetapan DPT, penetapan calon serta penetapan pemenang, yang selanjutnya panitia menyerahkan hasil PAW tersebut kepada BPD.
“Panitia itu di bentuk oleh BPD, kewenangan BPD adalah membentuk kepanitian PAW, kewenangan PJ, Kepala Desa adalah mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa sampai dengan adanya Kades epala definitif,”katanya. Kamis, 03 Desember 2020.
Sunardi melanjutkan, Dinas PMD memastikan bahwa, semua kewenangan dalam pelaksanaan PAW itu adalah hak mutlak panitia, Pmerintah Desa (Pj Kades), Camat dan Dinas terkait. Semua hak dan tanggungjawab ada di kepanitiaan.
“Kami juga memastikan bahwa pihak Kecamatan sampai ke Kabupaten, tidak ada yang intervensi pihak panitia. Jadi kalaupun ada informasi adanya campur tangan atau intervensi dari pihak terkait, hal itu adalah Hoax dan jangan terprovokasi. Sebab, semua tahapan sampai penetapan DPT yang di lakukan oleh panitia di dasari landasanĀ  hukum dan mengacu pada Perbup No. 36 tahun 2019, pasal 19″pungkasnya. (Baginda)

LEAVE A REPLY