“PEMKAB PRINGSEWU MELAKSANAKAN STUDY TIRU APLIKASI SENJA DAN E-SAKIP DI KABUPATEN MESUJI”

0
103

Mesuji-lampungsai.Com
Pemerintah Kabupaten Mesuji menerima kunjungan istimewa dari Pemerintah Kabupaten pringsewu yang di pimpin secara langsung oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Pringsewu Hasan Basri, S.E., M.M. dan di dampingi oleh Kepala Bappeda, Plh. Bagian Organisasi, Sekretaris pada Inspektorat, Kadis Kominfo yang di wakili oleh Kabid Informasi Komunikasi dan Statistik Sektoral dan Kabid Tata Kelola SPBE, Persandian dan Keamanan Informasi pada Dinas Kominfo di Ruang Rapat Ja’o Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji, Selasa 25-juni-2024.

Kunjungan di laksanakan untuk mempererat tali silaturahmi serta memperluas wawasan dan memperoleh inspirasi baru dalam bidang Komunikasi dan Informasi. Kunjungan tersebut atas dasar Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 88 Tahun 2021 Tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Murni, S.P., M.H. dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Firdaus Taruna Jaya, M.M. dan Kadis Kominfo Kabupaten Mesuji M. Mausiruddin, S.Sos. menerima rombongan dengan penuh keramahan, Murni memberikan gambaran umum tentang Kabupaten Mesuji dan menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari Kabupaten Pringsewu.

Lebih jauh Plh.Sekda Murni menjelaskan bahwa Kabupaten Mesuji memiliki 7 Kecamatan dengan 105 Desa.

“Kami ucapkan selamat datang kepada tim dari Pemerintah Kabupaten Pringsewu, semoga tali silaturahmi tetap terjalin dengan baik, Pegawai di Kabupaten Mesuji ini tidak banyak, dengan pekerjaan yang banyak akan selalu di maksimalkan dengan keterbatasan SDM,” ujar nya.

Kegiatan Study Tiru di lanjutkan dengan Pemaparan Aplikasi Senja dari tim teknis Bidang Aptika dan Tenaga Ahli Dinas Kominfo Kabupaten Mesuji oleh Wendy Aprilian.

Wendy mengatakan, Kominfo membantu dalam pembangunan aplikasi, jadi Senja (Sistem Elektronifikasi) itu sebagai wadah yang di dalam nya banyak aplikasi salah satu nya aplikasi E-Sakip.

“Jadi dari pada kadang kita pusing karena kebanyakan aplikasi akan banyak juga password nya, lebih baik kita buat 1 aplikasi yang nanti nya semua aplikasi bisa di akses menjadi 1 di sana, E-Sakip di bangun 2022 akhir tujuan sama, nilai SPBE Kabupaten Mesuji dari CC naik ke B, Pak Sekda memerintahkan kami coba di buat aplikasi yang bisa menggabungkan seluruh aplikasi di dalam nya, menjelaskan gambaran umum dari E-Sakip,” ujar nya.

Selesai pemaparan dari Bidang Aptika di lanjut dengan pemaparan Tenaga Ahli Dinas Kominfo Mesuji oleh Daffa Satria.

Daffa memaparkan secara teknis prosedur aplikasi Senja dan E-Sakip, tata cara penggunaan aplikasi dan penjelasan lebih dalam mengenai aplikasi tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab oleh tim Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Kunjungan studi ini tidak hanya mempererat hubungan antar-pemerintahan daerah, tetapi juga menjadi upaya bersama untuk menggali inovasi dan meningkatkan kualitas layanan di masing-masing daerah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Pringsewu, Kepala Bappeda, Plh. Bagian Organisasi, Sekretaris pada Inspektorat, Kadis Kominfo yang diwakili oleh Kabid Informasi Komunikasi dan Statistik Sektoral dan Kabid Tata Kelola SPBE, Persandian dan Keamanan Informasi pada Dinas Kominfo di Ruang Rapat Ja’o Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji dan staf dari masing-masing OPD.(Kominfo/Baginda)

LEAVE A REPLY